7 Cara Mencegah Sembelit saat Liburan Nataru, Healing Jadi Lebih Seru

Jum'at, 22 Desember 2023 - 19:01 WIB
loading...
7 Cara Mencegah Sembelit saat Liburan Nataru, Healing Jadi Lebih Seru
Sembelit adalah respons alami tubuh terhadap sebuah perubahan. Hal tersebut merupakan kondisi umum yang seringkali terjadi. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) sudah di depan mata. Agar healing makin seru, Anda perlu tahu cara mencegah sembelit saat liburan .

Dalam dunia medis, sembelit adalah respons alami tubuh terhadap sebuah perubahan. Hal tersebut merupakan kondisi umum yang seringkali terjadi saat liburan .

Saat liburan misalnya, Anda akan mengalami berbagai perubahan seperti pola makan, pola BAB, pola tidur dan sebagainya. Kondisi-kondisi inilah yang menjadi penyebab utama susah BAB saat melakukan perjalanan jauh.

Nah, untuk mengatasi perubahan kondisi yang menyebabkan sembelit, lakukan pencegahan berikut ini.

Cara Mencegah Sembelit saat Liburan

1. Perbanyak Asupan Serat

Serat merupakan asupan terbaik dalam mencegah sembelit. Pasalnya, serat bermanfaat untuk melancarkan pergerakan usus sehingga memudahkan buang air besar. Sumber serat yang bisa Anda pilih sebagai teman perjalanan di antaranya buah-buahan, sayuran, sereal gandum utuh dan roti.

Namun, hindari konsumsi buah dan sayuran mentah yang rentan dengan bakteri penyebab diare. Jadi, ketimbang membeli buah atau sayuran di tengah perjalanan yang belum terjamin kebersihannya, baiknya siapkan buah dan sayur dari rumah dan pastikan semuanya telah matang dengan sempurna.

2. Hindari Junk Food

Meski enak disantap, junk food sangat miskin serat sehingga bisa membuat Anda sulit BAB. Karena itu, hindari berbagai makanan cepat saji selama di perjalanan, seperti daging olahan, pizza, keripik, makanan yang dipanggang dan sebagainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)