Kemenparekraf Bakal Jadikan Moblie Game sebagai Esport Tourism

Sabtu, 23 Desember 2023 - 23:55 WIB
loading...
Kemenparekraf Bakal Jadikan Moblie Game sebagai Esport Tourism
Kemenparekraf akan menjadikan mobile game sebagai esport tourism. Hal ini menyusul minat mobile game di Indonesia yang sangat besar di kalangan anak muda. Foto/dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menjadikan mobile game sebagai esport tourism. Hal ini menyusul minat mobile game di Indonesia yang sangat besar di kalangan anak muda.

Melihat peluang ini, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan bahwa pihaknya melirik hal tersebut. Ia menilai moblie game memiliki peluang untuk untuk menjadi industri ekonomi kreatif.

Terlebih, Angela melihat bahwa pada 2024 ada transformasi mobile game dari hiburan menjadi profesi. Namun, mobile game tersebut masih dikuasai oleh game asing sehingga membuat Angela tertarik untuk membuat lokal mobile game yang bisa mendunia.

Ia juga mantap ingin menggagas mobile game ini menjadi esport tourism yang bermanfaat. “Baru-baru ini saya bertemu dengan developer game, kami ingin berkolaborasi untuk menguatkan ekosistem game dan juga infrastrukturnya," kata Angela.





"Jadi game ini bisa jadi esport tourism,” sambungnya dalam jumpa pers akhir tahun (JPAT) 2023 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta pada Jumat, 22 Desember 2023.

Saat ini pemerintah pun sedang menyusun Peraturan Presiden (Perpres) yang ditargetkan akan selesai akhir 2023. Perpres ini merupakan bukti keberpihakan pemerintah terhadap pengembangan industri game di Tanah Air.

Tak sampai di situ, Angela juga mendorong agar anak muda Indonesia tak hanya menjadi pemain. Namun juga pelopor mobile game itu sendiri.

Langkah itu tentu menjadi awal yang baik untuk membuat mobile game ataupun esport tourism yang tengah digagas ini go international dan dikenal di seluruh dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2979 seconds (0.1#10.140)