Bethlehem Tidak Dihiasi Pohon Cemara di Malam Natal, Solidaritas untuk Gaza

Senin, 25 Desember 2023 - 20:35 WIB
loading...
Bethlehem Tidak Dihiasi Pohon Cemara di Malam Natal, Solidaritas untuk Gaza
Malam Natal di Bethlehem, Tepi Barat, Palestina berlangsung tidak biasa, tidak ada Santa Claus dan pohon cemara. Foto/ ist.
A A A
JAKARTA - Malam Natal di Bethlehem, Tepi Barat, Palestina berlangsung tidak biasa, di mana tidak ada Santa Claus dan pohon cemara. Hal ini sebagai tanda solidaritas pada Gaza.

Dilansir CNN, Senin (25/12/2023), sejatinya Betlehem jadi kota yang sangat istimewa menjelang Natal. Kota yang juga dikenal sebagai Kota Daud itu biasanya selalu didatangi oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia menjelang Natal.



Mereka datang ke Bethlehem untuk merasakan semangat Natal lebih dekat di kota kelahiran sang penebus dosa Yesus Kristus. Hanya saja konflik Palestina dan Israel yang masih memanas di Gaza membuatnya jadi terlihat berbeda.

"Pemuka agama Kristen memutuskan untuk meniadakan perayaan Natal di Bethlehem sebagai bukti solidaritas terhadap masyarakat Palestina," sebut CNN.

Bethlehem memang berupaya keras untuk tidak menunjukkan suasana kemeriahan di malam Natal. Dekorasi-dekorasi Natal ditiadakan tidak hanya untuk rumah warga tapi juga tempat-tempat ibadah.

Church of the Nativity, gereja yang sangat spesial di wilayah Palestina bahkan sama sekali tidak ada kegiatan. Setiap sudutnya terlihat sepi dan tak berdenyut.

Alun-alun kota bahkan dibiarkan kosong melompong. Tidak ada pohon Natal berukuran raksasa seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Anak saya bertanya kenapa tidak ada pohon Natal tahun ini. Saya sulit menjelaskannya," ujar Ali Thabet yang memelukk agama Islam.

Dia mengatakan hubungan umat muslim dengan pemeluk agama Kristen di Palestina memang sangat mesra. Kedua kelompok agama selalu saling memberikan selamat dan ikut mendukung setiap perayaan agama masing-masing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)