Tren Challenge Minum 2 Botol Sirup dalam 3 Menit Tuai Kecaman, Netizen: Bahaya Banget

Rabu, 27 Desember 2023 - 16:45 WIB
loading...
Tren Challenge Minum 2 Botol Sirup dalam 3 Menit Tuai Kecaman, Netizen: Bahaya Banget
Seorang TikToker membuat konten challenge dengan meminum dua botol sirup dalam waktu 3 menit. Foto/TikTok @kobelkoproject
A A A
JAKARTA - Tren challenge diminati para pengguna media sosial sehingga banyak content creator yang menciptakan ide-ide yang nyeleneh dan berbeda. Hal ini bertujuan agar konten tersebut viral dan mendapatkan atensi publik.

Sama halnya dengan konten yang dibuat oleh akun TikTok @kobelkoproject. Akun tersebut membuat konten challenge dengan meminum dua botol sirup dalam waktu 3 menit. Barang siapa berhasil menjalankan challenge tersebut, maka akan diberikan uang tunai Rp2 juta.

Melansir Fatsecret, Rabu (27/12/2023), satu botol sirup berukuran 460 mL memiliki kandungan gula sebanyak 450 gram. Artinya, jika challenge tersebut menggunakan dua botol sirup, maka total gula yang dikonsumsi mencapai 900 gram atau hampir satu kilo gula pasir.



Sementara itu, menurut takaran saji sirup per satu gelas hanya menggunakan 30 mL sirup yang kemudian dicampur dengan air. Maka itu, satu kemasan berukuran 460 mL dapat menghasilkan 15 gelas sajian sirup.

Sedangkan menurut Kementerian Kesehatan, konsumsi gula harian manusia per hari normalnya 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan. Tentu challenge tersebut membuat seseorang mengonsumsi gula harian 18 kali lipat lebih banyak dari konsumsi normal.

Banyak orang yang mengikuti challenge tersebut hanya karena tergiur dengan hadiah uang tunai yang diberikan dan ingin viral saja, tanpa mengetahui efek samping dari mengonsumsi sirup secara berlebihan.

Konten tersebut banyak mendapat kecaman netizen lantaran tidak berpikir panjang terhadap dampak kesehatan.



“Ihh bahaya banget ituu, yang aman-aman aja bang kalau ngasih challenge,” komentar akun TikTok @zas****.

“Bang ini udah bahaya challengenya abang,” timpal akun @shd****.

“Kalau buat tantangan dipikir-pikir lagi bang,” saran @zxn****.

“Bahaya loh itu bang gulanya tinggi banget,” ujar akun @rais****.

“Uang 2 juta nggak sebanding buat biaya rumah sakit,” kata akun @erio****.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2225 seconds (0.1#10.140)