Dikenakan Jokowi pada Perayaan Natal Nasional 2023, Ini Alasan Sawunggaling Dijadikan Motif Batik

Rabu, 27 Desember 2023 - 23:57 WIB
loading...
Dikenakan Jokowi pada Perayaan Natal Nasional 2023, Ini Alasan Sawunggaling Dijadikan Motif Batik
Presiden Jokowi tampil dengan batik motif Sawunggaling pada Perayaan Natal Nasional 2023 yang berlangsung di Gereja Graha Bethany Nginden, Surabaya, Rabu (27/12/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi dan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju tampil kompak dengan batik motif Sawunggaling pada Perayaan Natal Nasional 2023 yang berlangsung di Gereja Graha Bethany Nginden, Surabaya, Rabu (27/12/2023). Mereka terlihat mengenakan kemeja batik berwarna dasar hijau yang dihiasi motif Sawunggaling berwarna emas.

Sawunggaling merupakan salah satu motif batik yang cukup populer. Usut punya usut, ada alasan mengapa Sawunggaling atau adu jago dijadikan motif batik. Salah satunya yakni karena sang pencipta motif batik Sawunggaling, Go Tik Swan, alias K.R.T. Hardjonagoro, terinspirasi dari corak kain Bali.

Corak tersebut menunjukkan adegan sabung ayam jago yang merupakan ritual tradisi Bali yang biasa dilakukan untuk memohon kesuburan tanah kepada Sang Pencipta.



“Mengapa adu jago atau Sawunggaling dijadikan motif batik? Menurut sumber yang saya baca, dulunya Go Tik Swan terinspirasi dari corak kain Bali,” ujar Desainer Motif Batik dan Penggiat Batik Tulis Pewarna Alami Agnes Dwina Herdiasti kepada MNC Portal, Rabu (27/12/2023).

“Corak ini menunjukkan adegan sabung ayam jago yang merupakan ritual tradisi Bali yang biasa dilakukan untuk memohon kesuburan tanah kepada Sang Pencipta,” lanjutnya.

Agnes melanjutkan, motif batik Sawunggaling memiliki makna dan filosofi yang cukup menarik. Salah satunya terkait simbol pengorbanan diri untuk menciptakan kebaikan dan kemakmuran masyarakat luas.

“Dalam konteks sekarang, Sawunggaling merupakan simbol pengorbanan diri untuk menciptakan kebaikan dan kemakmuran masyarakat luas,” tuturnya.

Selain itu, motif Sawunggaling juga bermakna ayam jago bertarung. Makna tersebut merupakan penggabungan dari bentuk ayam jago yang dekat di keseharian masyarakat kita dengan burung phoenix dari Tiongkok.



”Sawunggaling, bermakna ayam jago bertarung, merupakan penggabungan dari bentuk ayam jago yang dekat di keseharian masyarakat kita dengan burung phoenix dari Tiongkok,” ungkap Agnes.

Agnes menambahkan, makna motif Sawunggaling juga menjadi salah satu jejak pengaruh ragam seni budaya luar ke dalam khazanah perbatikan Nusantara.

“Ini juga sekaligus menjadi salah satu jejak pengaruh ragam seni budaya luar ke dalam khazanah perbatikan Nusantara,” imbuhnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2393 seconds (0.1#10.140)