Jokowi Kenakan Batik Motif Sawunggaling di Perayaan Natal Nasional 2023, Ini Makna Filosofinya

Rabu, 27 Desember 2023 - 21:00 WIB
loading...
Jokowi Kenakan Batik Motif Sawunggaling di Perayaan Natal Nasional 2023, Ini Makna Filosofinya
Presiden Jokowi turut menghadiri perayaan Natal Nasional 2023 yang berlangsung di Gereja Graha Bethany Nginden, Surabaya, pada Rabu (27/12/2023). Foto/Istimewa
A A A
SURABAYA - Presiden Jokowi turut menghadiri perayaan Natal Nasional 2023 yang berlangsung di Gereja Graha Bethany Nginden, Surabaya, pada Rabu (27/12/2023).

Di momen tersebut, Jokowi tampil kompak dengan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju. Mereka terlihat mengenakan kemeja batik berwarna dasar hijau yang dihiasi dengan motif Sawunggaling.

Desainer Motif Batik dan Penggiat Batik Tulis Pewarna Alami Agnes Dwina Herdiasti mengatakan, batik motif Sawunggaling pada awalnya dipopulerkan oleh maestro batik Go Tik Swan dari Surakarta.

Selain itu, motif pada batik satu ini memiliki makna dan filosofi yang cukup menarik. Agnes menyebut Sawunggaling bermakna ayam jago bertarung. Makna tersebut merupakan penggabungan dari bentuk ayam jago yang dekat di keseharian masyarakat kita dengan burung phoenix dari Tiongkok.



”Sawunggaling bermakna ayam jago bertarung merupakan penggabungan dari bentuk ayam jago yang dekat di keseharian masyarakat kita dengan burung phoenix dari Tiongkok,” ujar Agnes kepada MNC Portal, Rabu (27/12/2023).

Selain itu, Agnes menyebut bahwa makna dari batik motif Sawunggaling juga menjadi salah satu jejak pengaruh ragam seni budaya luar ke dalam khazanah perbatikan Nusantara.

“Ini sekaligus menjadi salah satu jejak pengaruh ragam seni budaya luar ke dalam khazanah perbatikan Nusantara,” terangnya.

Sebagai informasi, Perayaan Natal Nasional 2023 diawali dengan ibadah pada pukul 17.00-18.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan agenda perayaan yang diisi dengan berbagai pertunjukan seni musik dan tari pada pukul 18.30-20.00 WIB.

Tema yang diambil pada Natal Nasional kali ini adalah "Kemuliaan bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi". Tema ini membawa pesan khusus yaitu bagaimana perayaan Natal dapat memberikan rasa cinta kasih, suka cita, dan damai sejahtera.

Perayaan Natal Nasional 2023 terasa sangat spesial karena untuk pertama kali dilaksanakan secara offline setelah pandemi COVID-19. Perayaan Natal Nasional kali ini juga dinilai sangat megah karena dilaksanakan di GBI Nginden di Surabaya, di Kota Pahlawan, kota yang sangat menjunjung tinggi toleransi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2184 seconds (0.1#10.140)