5 Tips Mencegah Sakit usai Berenang di Pantai, Waspadai Bakteri dan Virus Berbahaya

Jum'at, 29 Desember 2023 - 08:15 WIB
loading...
5 Tips Mencegah Sakit usai Berenang di Pantai, Waspadai Bakteri dan Virus Berbahaya
Salah satu destinasi wisata yang banyak dituju saat libur adalah pantai. Namun, Anda harus tahu cara cegah sakit usai renang di pantai. Foto/ swimrihtacademy.
A A A
JAKARTA - Salah satu destinasi wisata yang banyak dituju masyarakat saat libur Nataru adalah pantai. Namun, sebelum pergi ke pantai alangkah baiknya untuk mengetahui beberapa cara cegah sakit setelah berenang di pantai.

Hal tersebut lantaran banyak pengunjung pantai yang langsung sakit setelah berenang di pantai. Gejala-gejala ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kualitas air yang buruk hingga adanya paparan bakteri dan virus berbahaya.



Namun, Anda tidak perlu takut dan khawatir untuk berlibur ke pantai. Cobalah untuk menerapkan lima cara cegah sakit setelah berenang di pantai dari Swim Right Academy berikut ini agar liburan ke pantai lebih aman dan menyenangkan.

1.Hindari berenang di air yang terkontaminasi

Sebelum berlibur ke pantai, wajib sekali untuk mengetahui keadaan pantai yang akan dikunjungi. Pilihlah pantai dengan air laut yang bersih. Sebab, air laut yang terkontaminasi dapat mengandung bakteri dan virus berbahaya. Tidak hanya itu saja, air laut yang terkontaminasi pun kerap mengandung Vibrio vulnificus yang dapat menyebabkan demam, menggigil, dan penyakit pencernaan.

Untuk menghindari risiko infeksi dan berbagai macam penyakit, hindari pantai yang berada di daerah sekitar kebocoran limbah atau polusi. Selain itu, disarankan juga untuk menghindari berenang di laut setelah hujan lebat, karena ini dapat mencuci polutan dan patogen ke dalam air.

2. Mandi sebelum dan sesudah berenang

Mandi sebelum berenang dapat membantu menghilangkan keringat dan bakteri dari kulit Anda. Dengan demikian Anda berenang di pantai dalam keadaan bersih dari virus dan bakteri.

Setelah berenang di pantai, jangan lupa untuk mandi dengan bersih guna menghilangkan berbagai macam bakteri di dalam air laut yang menempel pada kulit Anda.

3. Hindari menelan air

Karena air laut mengandung virus dan bakteri, untuk itu tidak diperbolehkan untuk diminum dengan sengaja. Sayangnya rasa air laut yang asin kasang membuat anak-anak penasaran untuk mencicipinya. Untuk itu, para orangtua wajib mengedukasi dan mengawasi anak-anak agar tidak meminum air laut.


4. Tetap terhidrasi

Berenang di laut tentu terasa mengasyikan. Namun, jangan pernah lupa menghidrasi tubuh dengan mengonsumsi banyak air mineral. Cara ini dapat membantu mengeluarkan mikroorganisme berbahaya dari tubuh Anda.

5. Gunakan baju renang

Beberapa masyarakat Indonesia masih sering menggunakan kaos dan celana berbahan katun untuk berenang. Menurut mereka, berenang dengan pakaian apapun sama saja. Ini adalah kesalahan besar. Berenang di laut tetap harus menggunakan pakaian renang untuk mengurangi risiko paparan bakteri dan ganggang berbahaya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3475 seconds (0.1#10.140)