Kisah Sukses Brand Parfum Lokal Gaet Audiens di TikTok

Jum'at, 29 Desember 2023 - 01:00 WIB
loading...
Kisah Sukses Brand Parfum Lokal Gaet Audiens di TikTok
Industri parfum Indonesia semakin ramai dengan banyaknya brand yang bermunculan di Indonesia. Platform digital seperti TikTok menjadi sarana brand lokal ini. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Industri parfum Indonesia semakin ramai dengan semakin banyaknya brand yang bermunculan di Indonesia. Platform digital seperti TikTok menjadi sarana bagi brand-brand lokal ini untuk memperkenalkan brandnya, membangun audiens, hingga berjualan.

Komunitas TikTok pun sepertinya menyambut baik kemunculan berbagai brand parfum lokal ini, terlihat dari bagaimana semakin banyak kreator yang melakukan ulasan atau review atas parfum lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan parfum ternama lainnya. Beberapa nama brand yang seringkali muncul dalam ulasan kreator adalah Mykonos dan SAFF & Co.

Brand Mykonos dan SAFF & Co. menawarkan keunikan dan ciri khas tersendiri dari brand parfum, yang akhirnya menarik perhatian audiens TikTok untuk ikut mencoba dan membeli produknya. Pada kampanye Beli Lokal 12.12 lalu, dua brand ini berhasil mencatatkan penjualan yang positif dan menjadi incaran para pengguna TikTok. Lantas, bagaimana cerita perjalanan kedua brand lokal ini bisa sukses berjualan di platform TikTok? Mari kita simak.

Mykonos, berawal dari kecintaannya akan dunia wewangian dan nama yang terinspirasi dari keindahan sebuah kota di luar negeri, Mykonos berambisi untuk menghadirkan parfum dengan kualitas setara dengan brand high-end namun ramah di kantong. Brand yang didirikan sejak tahun 2019 ini pertama kali populer dengan wewangian yang unik2 beserta kemasannya yang selalu beda dari brand lain.



Sejak itu, Mykonos terus menghadirkan produk parfum dengan wangi-wangi yang unik, mengikuti trend dunia, tapi tetap terkesan mewah dan mudah di terima di market lokal.

Mykonos kemudian memanfaatkan platform TikTok untuk menangkap kebutuhan konsumennya dengan berinteraksi melalui video singkat dan juga live shopping. Bahkan, Mykonos kerap menjawab pertanyaan dan komentar dari audiens TikTok melalui format video, dengan menggunakan fitur Reply with Video. Interaksi yang dekat dan edukatif ini juga dilakukan pada saat live shopping, termasuk saat kampanye Beli Lokal 12.12 yang akhirnya berhasil meningkatkan penjualan brand tersebut.

SAFF & Co., didirikan tahun 2020, parfum SAFF & Co. ditujukan untuk orang-orang yang baru mau mulai belajar memahami parfum, atau baru mulai menikmati penggunaan parfum. Keunikan brand ini terlihat dari ukuran yang ramping dan travel-friendly, sehingga mudah dibawa kemana pun. Parfum ini juga ditujukan untuk pria dan wanita, dengan pilihan wangi yang beragam sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Kreativitas SAFF & Co. dalam menghadirkan varian produk juga terlihat saat kampanye Beli Lokal 12.12 yang berlangsung di TikTok dan Tokopedia. Di momen Harbolnas ini, SAFF & Co. meluncurkan varian parfum "Maleali" secara eksklusif.



Dengan karakter sweet dan woody serta sedikit aromatic, varian baru ini mendapatkan sambutan hangat dari audiens TikTok. Kehadiran SAFF & Co. melalui live shopping pun juga mampu membawa brand ini menjadi salah satu top brand parfum di TikTok dan meningkatkan penjualannya.

Keberhasilan yang dicapai oleh Mykonos dan SAFF & Co. di TikTok membuktikan bahwa platform ini bukan hanya sebagai alat eksistensi semata, melainkan juga merupakan langkah strategis yang sangat efektif untuk meningkatkan reputasi sebagai brand lokal.

Dengan merancang strategi yang matang di platform TikTok, brand lokal seperti Mykonos dan SAFF & Co. mampu menggali potensi penuh platform ini, menjangkau audiens yang lebih luas untuk mendapatkan pelanggan setia yang lebih banyak.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)