5 Cara Membuat Kuku Indah dan Sehat Alami, Gak Perlu ke Salon!

Sabtu, 30 Desember 2023 - 16:01 WIB
loading...
5 Cara Membuat Kuku Indah dan Sehat Alami, Gak Perlu ke Salon!
Kuku sehat dan cantik menjadi dambaan semua orang. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan tanpa perlu ke salon. Foto/ osu.edu
A A A
JAKARTA – Kuku sehat dan cantik menjadi dambaan semua orang, khususnya wanita. Untuk itu, perlu perawatan maksimal.

Namun, perawatan kuku kerap dilewatkan banyak orang. Bahkan, di antaranya melakukan kebiasaan buruk yang membuat kuku rusak dan tak sahat.

Jadi, mulai sekarang Anda perlu memerhatikan masalah kesehatan dan kecantikan kuku. Ada beberapa tips mudah yang bisa dilakukan agar kuku tetap sehat alami tampa perlu ke salon.

Seperti apa caranya? Yuk simak dilansi, Good House Keeping, Jumat (29/12/2023).

Tips Merawat Kuku

1. Jagalah Tangan Tetap Bersih

Pastikan Anda mencuci tangan hingga ke sela-sela kuku agar selalu bersih agar kuku bersih dan terawat. Oleskan sabun ke sikat gigi yang bersih, gosok perlahan untuk menghilangkan kotoran dan mengelupas kulit mati tanpa bahan kimia yang keras dan mengeringkan.

2. Hindari Tindakan Kasar pada Kuku

Kuku memiliki tekstur yang halus sehingga perlu diperlakukan lembut. Hindari penggunaan alat logam di bawah kuku untuk membuatnya tetap sehat. Pasalnya, logam yang digunakan untuk membersihkan kotoran pada kuku dapat menyebabkan lempeng kuku terpisah dari kulit dan bisa menyebabkan luka.

3. Gunting Kuku secara Teratur

Menggunting kuku dengan rutin juga bisa membuat sehat. Hal ini dapat membuat kuku tidak mudah tersangkut dan patah.

Jadi usahakan untuk memotongnya setiap dua minggu, sesuaikan frekuensi sesuai kebutuhan setelah Anda melihat respons kuku Anda.

4. Hindari Memanjangkan Kuku

Kuku yang panjang memang terlihat elegan, tetapi jika Anda adalah seseorang yang mengalami masalah kuku gantung atau patah, disarankan Anda menjaga kuku tetap pendek.

Model yang lebih pendek dengan tepi membulat terlihat rapi dan cenderung lebih mudah diatur. Selain itu, kuku yang pendek juga terhindar dari menumpuknya kotoran di dalam sehingga meminimalisir penggunaan alat logam untuk membersihkannya.


5. Jangan Menghilangkan Kutikula

Satu lagi tips membuat kuku sehat secara alami ialah menghindari menghilangkan kutikula. Kutikula memiliki fungsi yang sangat penting untuk menutup area di pangkal kuku.

Jadi pikirkan dua kali untuk memotong atau menghilangkan kutikula. Pasalnya, hal ini dapat merusak lapisan pelindung tersebut dan membuat kuku Anda rentan terhadap bakteri dan kemungkinan infeksi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)