3 Mitos Jawa Tentang Liburan yang Wajib Diketahui

Sabtu, 30 Desember 2023 - 07:23 WIB
loading...
3 Mitos Jawa Tentang Liburan yang Wajib Diketahui
Tahukah kamu jika ada mitos yang diyakini oleh sebagian masyarakat Jawa terkait liburan. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Kini, masyarakat Indonesia tengah memasuki musim libur Natal dan Tahun Baru . Tentunya momen ini tak boleh dilewatkan oleh keluarga untuk berlibur bersama.

Namun, tahukah kamu jika ada mitos yang diyakini oleh sebagian masyarakat Jawa terkait liburan. Konon, bagi yang mempercayainya harus diikuti agar terhindar dari bala .

Penasaran apa saja mitos saat liburan yang wajib diketahui? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

3 Mitos Jawa Tentang Liburan yang Wajib Diketahui

Larangan Masuk Tempat Wisata Saat Haid
Di Jawa beberapa destinasi wisata masih menganut beberapa aturan. Salah satunya larangan wanita yang sedang haid masuk ke destinasi wisata.

Umumnya alasan ini timbul lantaran destinasi tersebut merupakan tempat suci. Contohnya tempat bersejarah dan gua keramat.
3 Mitos Jawa Tentang Liburan yang Wajib Diketahui


Mitos Kupu–kupu Masuk dalam Rumah
Tak jarang dijumpai hewan masuk dalam rumah, termasuk keberadaan kupu-kupu. Namun, tahukah kamu jika keberadaan kupu-kupu dalam rumah, menandakan bahwa akan ada tamu yang datang ke rumah.

Mitos yang banyak diyakini oleh orang-orang dari Suku Jawa acap kali membuat rencana jalan-jalan gagal. Sebab, mereka menunda bepergian demi menanti tamunya datang.

Foto Bertiga Bisa Membuat Salah Satu Orangnya Meninggal
Jalan-jalan kerap diidentikan dengan kegiatan foto-foto. Namun, kadang bagi beberapa orang sedikit terganggu dengan mitos foto bertiga. Konon, jika foto bertiga bisa bikin salah satu yang difoto cepat meninggal.
3 Mitos Jawa Tentang Liburan yang Wajib Diketahui


Mitos ini memang sudah banyak ditinggalkan, namun tak sedikit pula yang masih mempertahankannya. Tak hanya mitos tersebut, dalam agenda liburan banyak ditemui pengalaman unik, salah satunya pengalaman horor yang juga dibahas dalam Podcast Tangis . Penasaran dengan pembahasan tersebut?

Yuk simak hanya Podcast Tangis Eps. 67 Liburan Membawa Petaka hanya di ROOV . Kamu juga bisa mendengar cerita horor lainnya di podcast ini. Eits, jangan takut kamu bisa mengajak sobatmu untuk mendengarkan bersama..
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3243 seconds (0.1#10.140)