5 Manfaat Tomat, Salah Satunya Menurunkan Kolesterol

Sabtu, 30 Desember 2023 - 16:28 WIB
loading...
5 Manfaat Tomat, Salah Satunya Menurunkan Kolesterol
Tomat memiliki banyak manfaat. Tomat dapat meningkatkan daya tahan tubuh hingga menurunkan kolesterol. Foto/ wbmdstatic
A A A
JAKARTA - Tomat merupakan salah satu sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat. Siapa sangka, tomat dapat meningkatkan daya tahan tubuh di tengah musim pancaroba seperti sekarang ini.

Tidak itu saja, tomat memiliki segudang manfaat. Dilansir WebMD dan Healthline pada Sabtu (30/12/2023), berikut ulasannya.


Manfaat Tomat

1. Melawan Radikal Bebas

Tomat kaya akan zat yang disebut likopen. Ini memberi mereka warna merah cerah dan membantu melindungi mereka dari sinar ultraviolet matahari. Likopen adalah antioksidan dan berguna untuk melawan molekul yang disebut radikal bebas yang dapat merusak sel dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda.

Makanan tinggi likopen, seperti tomat, dapat menurunkan kemungkinan Anda terkena kanker paru-paru, perut, atau prostat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka mungkin membantu mencegah penyakit pada pankreas, usus besar, tenggorokan, mulut, payudara, dan leher rahim.

2. Meredakan Peradangan

Tomat juga bermanfaat untuk meredakan peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa tomat dapat meredakan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol. Tomat juga mencegah pembekuan darah hingga membantu mencegah stroke.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang stabil tentu akan berdampak baik bagi kesehatan. Nah, tomat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan likopen pada tomat dapat membantu menurunkan kadar LDL, atau kolesterol jahat serta tekanan darah Anda. Nutrisi lain dalam tomat, seperti vitamin B dan E serta antioksidan yang disebut flavonoid, juga dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

4. Baik untuk Pencernaan

Tomat merupakan sumber serat yang baik dan tentu akan bermanfaat pada sistem pencernaan Anda. Pencernaan yang baik tentu akan berdampak pada imunitas yang kuat.

Tomat segarjuga rendah karbohidrat. Kandungan karbohidratnya sebagian besar terdiri dari gula sederhana dan serat tidak larut.


5. Kaya akan Vitamin

Satu lagi manfaat tomat yang bisa tingkatkan imunitas adalah kaya akan vitamin. Tomat adalah sumber beberapa vitamin dan mineral yang baik seprrti vitamin C, K1 dan vitamin B.

Vitamin C merupakan nutrisi penting dan antioksidan. Vitamin K dikenalnpenting untuk kesehatan tulang, dan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan jaringan normal dan fungsi sel.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)