Tentara Israel Diserang Infeksi Jamur Mematikan di Jalur Gaza, Ahli Kesehatan Beri Peringatan

Jum'at, 29 Desember 2023 - 19:03 WIB
loading...
Tentara Israel Diserang Infeksi Jamur Mematikan di Jalur Gaza, Ahli Kesehatan Beri Peringatan
Tentara Israel dikabarkan terinfeksi jamur berbahaya saat menyerang Hamas di Jalur Gaza. Foto/ timesofisrael.
A A A
JAKARTA - Sejumlah tentara Israel dikabarkan terinfeksi jamur berbahaya saat menyerang Hamas di Jalur Gaza. Penyakit itu pun dikhawatirkan menyebar ke warga sipil Israel.

Dilansir The Times Israel, Jumat (29/12/2023), menurut laporan lembaga penyiaran publik Kan, tentara Israel dibawa ke Pusat Medis Assuta Ashdod pada dua minggu lalu dengan luka anggota tubuh yang parah. Bahkan ada yang meninggal dunia.



Pejabat medis militer pun belum mengetahui penyebab kematiannya, namun mengonfirmasi bahwa ada beberapa kasus infeksi jamur di antara tentara terluka yang kembali dari Gaza.

Pakar sipil yang berbicara dengan The Times of Israel memperingatkan bahwa kasus-kasus infeksi jamur berpotensi mematikan.

“Semua rumah sakit Israel telah melaporkan bahwa sebagian besar tentara yang terluka kembali menderita infeksi serius yang resisten terhadap antimikroba yang mereka dapatkan melalui kontak dengan tanah yang terkontaminasi, dan beberapa faktor lainnya,” kata ahli epidemiologi yang mengepalai Ben-Gurion, Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Negev, Prof. Nadav Davidovitch.

Dikatakan bahwa perang antara Israel dan Hamas telah menyebabkan kehancuran sebagian besar wilayah Gaza dan pengungsian internal sebagian besar penduduknya. Hal itu mengakibatkan apa yang digambarkan sebagai krisis kemanusiaan bagi warga Palestina yang tinggal di reruntuhan dan kamp-kamp pengungsi.

Kondisi tersebut telah menyebabkan terjangkitnya berbagai penyakit, yang berpotensi mengancam kesejahteraan ratusan ribu tentara IDF yang bertempur di Gaza. Hal ini pada akhirnya juga dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan masyarakat di Israel.

Kantor Juru Bicara Pasukan Pertahanan Israel mengatakan kepada The Times of Israel bahwa tidak ada wabah penyakit menular di antara tentara IDF.

Namun, para ahli kesehatan masyarakat memperingatkan bahwa mungkin hanya membutuhkan waktu singkat sebelum beberapa atau semua penyakit di Gaza menyebar ke Israel melalui kembalinya pasukan atau sebaliknya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4317 seconds (0.1#10.140)
pixels