3 Cara Memilih dan Mengolah Daging Sapi yang Tepat untuk Barbeque-an di Malam Tahun Baru

Minggu, 31 Desember 2023 - 10:10 WIB
loading...
3 Cara Memilih dan Mengolah Daging Sapi yang Tepat untuk Barbeque-an di Malam Tahun Baru
Salah satu hidangan dambaan untuk barbeque di malam tahun baru yakni daging sapi yang dipanggang. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Tahun baru segera tiba. Biasanya masyarakat Indonesia akan menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun teman pada malam hari sebelum pergantian tahun. Tidak jarang mereka melakukan makan-makan besar seperti bakar-bakaran daging atau barbeque-an.

Salah satu hidangan dambaan untuk barbeque yakni daging sapi yang dipanggang. Namun, sebelum membeli dan mengolah daging sapi untuk barbeque-an, sebaiknya ketahui terlebih dulu cara memilih daging sapi terbaik. Pemilihan daging sangatlah tepat agar Anda bisa menyantap hidangan tersebut dengan nikmat.

Jika Anda masih bingung memilih daging sapi terbaik untuk acara barbeque di malam tahun baru, simak rangkuman informasi berikut ini!


1. Pilihlah Daging Segar

Pilihlah daging yang berkualitas tinggi. Mengutip laman Piccantio, Minggu (31/12/2033), pilih permukaan daging yang dipotong kering dan berwarna terang. Jika daging pucat dan lengket atau terdapat banyak daging yang bocor, ini merupakan bukti kualitasnya buruk.

Adapun warna daging segar yang harus diperhatikan yakni daging sapi harus berwarna merah tua, daging babi berwarna merah muda yang kuat, daging sapi muda berwarna merah muda muda, dan daging domba berwarna merah muda.

2. Memilih Jenis Daging Sesuai Kebutuhan

Daging sapi memiliki banyak sekali bagian yang bisa dipanggang. Untuk itu, Anda harus memilih sesuai dengan kebutuhan, jangan sembarang membeli daging.

Ketika Anda ingin membuat steak, pilihlah daging sirloin karena daging sapi ini dipotong antara fillet dan iga, memiliki keseimbangan sempurna antara rasa dan kelembutan, menjadikannya pilihan populer untuk memanggang.

Sementara daging bagian rib eye cenderung lebih tebal, potongan ini cocok untuk dipotong dadu untuk tusuk sate barbeque dan kebab. Sedangkan daging berlemak seperti potongan sandung lamur atau brisket jarang sekali dipilih untuk barbeque, namun tidak masalah jika ingin memanggangnya. Akan tetapi, biasanya pembakaran daging bagian brisket ini harus dipanggang lebih lama untuk mendapat kematangan sempurna.

3. Perhatikan Cara Memotong Daging

Perlu diketahui bahwa cara memotong daging merupakan sesuatu yang penting. Sebab, cara memotong daging sangat mempengaruhi tekstur daging itu sendiri.

Daging harus selalu dipotong melawan arah serat. Hal ini berguna agar daging benar-benar terasa empuk saat dipanggang dan dimakan.

Selain itu, penting diketahui untuk tidak memotong daging terlalu tipis. Daging harus selalu setebal satu jari. Jika tidak, maka terasa akan kering saat dipanggang.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)