Jumlah Kunjungan Wisman ke RI pada 2023 Lampaui Target, Diperkirakan Tembus 11 Juta

Kamis, 04 Januari 2024 - 13:13 WIB
loading...
Jumlah Kunjungan Wisman ke RI pada 2023 Lampaui Target, Diperkirakan Tembus 11 Juta
Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia sukses mencapai angka yang fantastis. Sepanjang 2023, jumlah wisman yang berlibur ke Indonesia berhasil melampaui target. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia sukses mencapai angka yang fantastis. Sepanjang 2023, jumlah wisman yang berlibur ke Indonesia berhasil melampaui target.

Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

“Kunjungan wisman ke RI ini melebihi target awal. Target awal adalah 7,4, direvisi menjadi 8,5, dan sekarang sudah 10,4,” ungkap Sandiaga dalam Weekly Brief with Sandi Uno, Rabu (3/1/2024).



Angka kunjungan itu terus meningkatkan khususnya di musim liburan Nataru. Diperkirakan total pengunjung wisatawan mancanegara mencapai 11 juta.

“Dan masih ada bulan Desember yang kita perkirakan akan menembus angka 11 juta,” kata Sandiaga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun mengungkapkan, jumlah wisatawan mancanegara di Bali mencapai lebih dari 5 juta hingga akhir Desmber 2023. Hal ini juga melampaui target yang ditetapkan yakni 4,5 juta kunjungan.

“Alhamdulillah sudah terlampaui. Di akhir tahun ini memang kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan Nusantara di luar ekspektasi kami, sangat luar biasa,” paparnya.

Sandiaga mengatakan, akan ada upaya dari pemerintah untuk menggaet wisman berkunjung ke Tanah Air. Salah satunya menambah jumlah penerbangan guna mengingkatkan angka kunjungan tersebut.



“Upaya pemerintah untuk menambah jumlah penerbangan dan peningkatan interkonektivitas. Kami juga ingin menambah lama mereka (wisman) tinggal di Indonesia dan berbelanja kepada ekonomi lokal,” jelas Sandiaga.

Melihat peningkatan dan upaya pemerintah, Sandiaga optimistis bisa menambah target angka kunjungan wisman ke Indonesia. Ia berharap kunjungan wisman ke Tanah Air di tahun 2024-2025 mampu menembus angka 16 juta.

“Insya Allah ini akan terlampaui. Di 2024-2025 target menembus angka 16 juta bisa kita raih dan fokus ke beberapa pasar wisatawan mancanegara kita yang terbesar,” tutupnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2866 seconds (0.1#10.140)