5 Cara Panjang Umur dan Sehat hingga Tua, Salah Satunya Hindari Rokok

Sabtu, 06 Januari 2024 - 10:30 WIB
loading...
5 Cara Panjang Umur dan Sehat hingga Tua, Salah Satunya Hindari Rokok
Ada beberapa cara panjang umur dan hidup sehat hingga tua yang bisa dipraktikkan dengan mudah. Langkah ini dapat melindungi dari berbagai masalah kesehatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa cara panjang umur dan hidup sehat hingga tua yang bisa dipraktikkan dengan mudah. Langkah ini dapat melindungi Anda dari berbagai masalah kesehatan serius.

Diperkirakan 25 persen panjang umur ditentukan oleh gen, sisanya bergantung oleh apa yang dilakukan sehari-hari. Namun, tidak ada cara cepat atau instan untuk panjang umur dan hidup lebih sehat.

Anda membutuhkan usaha dengan menjaga pola makan, olahraga secara teratur hingga menjaga berat badan tetap normal. Cara ini sudah terbukti secara ilmiah bisa membantu hidup lebih lama.

Cara Panjang Umur dan Hidup Sehat hingga Tua



Berikut cara panjang umur dan hidup sehat hingga tua dilansir dari Science Alert, Jumat (5/1/2024).



1. Konsumsi Makanan Nabati


Banyak bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi makanan nabati dikaitkan dengan kesehatan dan umur panjang. Jika Anda mengonsumsi lebih banyak makanan nabati dan lebih sedikit daging, makanan olahan, gula dan garam, Anda mengurangi risiko berbagai penyakit yang memperpendek umur, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Makanan nabati kaya akan nutrisi, fitokimia, antioksidan, dan serat. Mereka juga anti-inflamasi. Semua ini bisa melindungi terhadap kerusakan sel seiring bertambahnya usia, sehingga membantu mencegah penyakit.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Sehat


Obesitas meningkatkan risiko sejumlah masalah kesehatan yang memperpendek umur. Obesitas memberikan tekanan pada seluruh sistem tubuh dan memiliki banyak sekali efek fisiologis termasuk menyebabkan peradangan dan gangguan hormonal.

Hal ini meningkatkan peluang terkena sejumlah penyakit, termasuk penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, dan sejumlah kanker. Selain berdampak secara fisik, obesitas juga dikaitkan dengan kesehatan psikologis yang lebih buruk. Ini terkait dengan depresi, harga diri rendah, dan stres.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)