5 Resep Makan Malam yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

Sabtu, 06 Januari 2024 - 15:30 WIB
loading...
5 Resep Makan Malam yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan
Ada banyak resep makan malam yang cocok untuk menurunkan berat badan dan mudah dibuat di rumah. Makanan ini tak hanya menyehatkan, tapi juga memiliki rasa enak. Foto/Endeustv
A A A
JAKARTA - Ada banyak resep makan malam yang cocok untuk menurunkan berat badan dan mudah dibuat di rumah. Makanan ini tak hanya menyehatkan, tapi juga memiliki rasa enak sehingga tak perlu khawatir saat menyantapnya.

Memperhatikan asupan makan malam menjadi salah satu hal yang penting dilakukan saat menurunkan berat badan . Karena itu, pastikan resep yang Anda coba untuk dihidangkan di rumah tak hanya sekadar enak dan mengenyangkan.

Sebab, makanan yang Anda konsumsi harus tinggi serat yang akan membantu kenyang lebih lama. Penting juga perhatikan kandungan vitamin dan mineral lainnya.

Resep Makan Malam yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan



Berikut resep makan malam yang cocok untuk menurunkan berat badan dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (6/1/2023).



1. Oat Panggang


Bahan-bahan:

4 sdm oat yang sudah dihaluskan
Wortel sesuai selera (dipotong dadu)
Buncis sesuai selera (diiris tipis)
1/2 batang daun bawang (diiris tipis)
Seledri (diiris tipis)
1 buah telur ayam
200 ml air (16 sdm air)
Lada secukupnya
Garam secukupnya
Saus
Mayones (sesuai selera)

Cara Membuat:

Campurkan semua bahan dalam wadah. Panaskan wajan, lalu masukan adonan ke dalam wajan. Tunggu hingga berwarna kecoklatan lalu angkat. Letak di wadah, masukan mayones dan saus sesuai selera. Oat panggang siap di sajikan.

2. Chicken Caesar Salad


Bahan-bahan:

Grilled chicken
1 pasang dada ayam fillet
1-2 sdt Cajun seasoning
1 sdm Lea & Perrins Worcestershire Sauce
½ buah jeruk nipis
1 sdt minyak
Lada hitam
Garam

Bumbu Salad:

8 sdm mayones
1 ½ sdm Lea & Perrins Worcestershire Sauce
2 sdm parmesan
2 sdm jeruk lemon atau nipis
1 siung bawang putih, parut
½ sdm mustard
2 butir kuning telur rebus
1 sdm bawang bombai cincang
Lada hitam
½ sdm gula
Garam

Lainnya:

3 lembar smoked beef atau bacon, potong kotak
2 lembar roti tawar, potong kotak
½ sdm mentega
30 lembar romaine lettuce, potong
2 sdm parmesan parut
2 lembar tortilla

Cara Membuat:

Keringkan ayam dengan tisu kemudian bagi dua dada ayam kemudian belah dua dan pukul-pukul perlahan menggunakan belakang pisau. Marinasi ayam dengan Cajun seasoning, Lea & Perrins Worcestershire Sauce, lada hitam, garam, minyak, dan perasan jeruk nipis kemudian diamkan di suhu ruang 10-15 menit.

Panaskan wajan anti lengket, beri sedikit minyak lalu pan seared kedua sisi ayam dengan api sedang-kecil hingga kecokelatan dan matang lalu sisihkan. Panaskan pan, beri sedikit minyak kemudian tumis smoked beef dengan api sedang hingga setengah kering kemudian kecilkan api dan masak hingga kering sambil diaduk. Panggang roti tawar yang sudah dipotong, dengan wajan dan minyak sisa menumis smoked beef lalu tambahkan mentega dan masak dengan api sedang-kecil hingga kering.

Untuk salad, hancurkan kuning telur dan parmesan lalu tambahkan Lea & Perrins Worcestershire sauce dan bahan lainnya kemudian aduk hingga rata. Cuci romaine lettuce lalu simpan di dalam lemari es sebelum disajikan. Campurkan romaine lettuce, dressing, smoked beef, crouton, dan parutan parmesan lalu aduk rata. Sajikan dengan ayam iris di atasnya atau bisa juga diaduk bersama salad. Letakkan salad di atas tortilla lalu gulung dan padatkan dengan baking paper, belah menjadi dua sebelum disajikan.



3. Urap Sayuran


Bahan-bahan:

1/2 kelapa parut
Kacang panjang
Bayam
Toge
Labu

Bumbu Urap:

1 ruas kencur
1 cm kunyit
4 Bawang merah
3 Bawang putih
Kaldu jamur bubuk

Cara Membuat:

Ulak atau belender semua bumbu sampai halus. Masukan semua bumbu ke dalam kelapa parut. Sangrai kelapa beserta bumbunya sampai matang (agak berubah warna). Potong-potong semua sayuran dan di kukus. Sajikan dalam keadaan hangat.

4. Tumis Toge Wortel


Bahan-bahan:

100 gr toge
50 gr wortel
5 buah cabai
1 siung bawang putih
1 sdm kaldu jamur
Air secukupnya
Lada secukupnya

Cara Membuat:

Serut wortel, cuci wortel dan toge. Cuci cabai dan bawang, iris-iris. Tumis bawang hingga wangi, tidak usah pakai minyak, tp pakai wajan anti lengket. Jika tidak ada boleh tambah 1 sdm minyak.

Setelah bumbu harum, masukan air secukupnya dan wortel. Masukan kaldu jamur dan lada, masukan toge, masak hingga matang. angkat dan siap dinikmati.



5. Sup Sayuran Dada Ayam



Bahan-bahan:

150 gram buncis
150 gram wortel
150 gram kol
1 butir tomat
4 siung bawang putih
1 siung bawang merah
1/6 butir bawang bombay
1 sdt ketumbar
100 gram dada ayam
Garam secukupnya
Merica secukupnya

Cara Membuat:

Haluskan bawang putih, bawang merah, dan ketumbar. Iris-iris bawang bombay dan sayuran. Tuangkan sedikit minyak. tumis dada ayam, bumbu halus, dan bawang bombay hingga ayam matang dan harum.

Tuangkan air secukupnya, tunggu hingga setengah mendidih. Masukkan wortel, buncis, dan kol. Tunggu hingga empuk. Masukkan tomat, garam, dan merica. Rasakan bumbu. Tunggu sebentar hingga tomat agak layu. Siap sajikan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)