5 Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ikan agar Tak Mengganggu Rasa Masakan

Minggu, 07 Januari 2024 - 06:30 WIB
loading...
5 Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ikan agar Tak Mengganggu Rasa Masakan
Cara menghilangkan bau amis pada ikan penting diketahui oleh Anda yang ingin menghasilkan menu olahan ikan yang lezat. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Cara menghilangkan bau amis pada ikan penting diketahui oleh Anda yang ingin menghasilkan menu olahan ikan yang lezat.

Bau amis pada ikan sendiri disebabkan oleh senyawa trimethylamine oxide (TMAO) yang diubah menjadi trimethylamine (TMA) oleh bakteri dan enzim ikan saat ikan mati sehingga menghasilkan bau amis yang khas. Ikan air tawar yang tidak mengandung TMAO dapat memiliki aroma "berlumpur" karena adanya senyawa geosmin dan methylisoborneol (MIB) yang diproduksi oleh ganggang biru-hijau, terutama pada ikan dasar seperti lele.

Karena itu, bau amis pada ikan dapat mengganggu rasa masakan apabila tidak diolah dengan baik. Berikut 5 cara menghilangkan bau amis pada ikan, yang dirangkum pada Minggu (7/1/2023).


Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ikan

1. Bilas dengan Air Dingin

Ini merupakan salah satu teknik untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Cara ini dapat menghilangkan lapisan bakteri dan TMA di permukaan ikan.

2. Menggunakan Susu

Cara ini dapat menjadi alternatif lain, karena protein kasein dalam susu mampu mengikat TMA dan menariknya keluar dari ikan, sehingga membantu menghilangkan bau amis.

3. Aplikasikan Asam

Mengaplikasikan asam seperti asam cuka, lemon, atau tomat dapat membantu merespons TMA pada ikan dan mengubahnya menjadi garam asam serta air. Cara ini efektif untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

4. Menggunakan Tepung

Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan tepung seperti pati kentang, beras, atau jagung, juga dapat digunakan sebagai metode untuk menyerap dan menghilangkan bau, lendir, kotoran, serta bakteri dari ikan.

5. Gunakan Bumbu Beraroma Kuat

Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan bumbu seperti dill, bawang putih, peterseli, atau sage untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Bumbu tersebut dapat menambahkan rasa dan aroma yang kuat.

Itu dia 5 cara menghilangkan bau amis pada ikan. Semoga bermanfaat! MG/Tasya Auliya Rizka
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)