Mengenal Wall Pilates, Olahraga yang Akan Jadi Tren di 2024

Senin, 08 Januari 2024 - 10:10 WIB
loading...
Mengenal Wall Pilates, Olahraga yang Akan Jadi Tren di 2024
Wall pilates atau pilates dinding diprediksi akan menjadi tren kebugaran baru di 2024. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Setiap pergantian tahun ada saja hal baru yang menjadi tren. Dalam olahraga, wall pilates atau pilates dinding diprediksi akan menjadi tren kebugaran baru di 2024.

Mengutip laman New York Post, Senin (8/1/2024), tagar #WallPilates sejauh ini mendapatkan 12 juta penayangan di TikTok lantaran orang-orang meninggalkan rutinitas yang intens dan kelas mahal untuk berolahraga.

Wall pilates akan banyak digandrungi karena mudah, menyenangkan, hingga mampu mempercepat tubuh menjadi bugar. Bahkan perempuan yang malas berolahraga pun diprediksi akan turut serta melakukan wall pilates. Sebab, olahraga wall pilates dapat dilakukan oleh siapa saja dan di rumah, tidak perlu repot ke luar rumah.



Lantas, apa itu wall pilates?

Seperti namanya, wall pilates jika diartikan dalam bahasa Indonesia adala pilates dinding. Maka, wall pilates adalah pilates yang dilakukan di dinding, menggantikan foot bar yang digunakan di kelas pada umumnya.

"Wall pilates sangat bagus untuk pemula, karena dinding memberikan stabilitas dan memungkinkan Anda membangun kepercayaan diri dengan gerakan-gerakan sekaligus lebih ditopang dibandingkan dengan berat badan saja," terang Macallum Livock, ahli terapi fisik di PureGym dikutip dari New York Post.

“Dalam pilates, satu-satunya hambatan yang Anda alami adalah gaya gravitasi. Dengan menggunakan dinding sebagai penahan statis, Anda sebenarnya dapat mengerahkan gaya,” kata Heather A. Milton, penyelia ahli fisiologi olahraga di Pusat Kinerja Olahraga NYU Langone Health.

Adapun manfaat wall pilates adalah meningkatkan stabilitas, keseimbangan, kekuatan, dan kontrol.

"Tidak seperti pilates tradisional, kaki Anda biasanya akan banyak terangkat selama latihan, sehingga mungkin mengalami peningkatan sirkulasi, peningkatan pencernaan dan tidur, serta berkurangnya kram otot," jelas Callie Jardine, instruktur Pilates dan pendiri Sweaty Studio kepada Today.com.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)