Lagu 'Sial' Mahalini Dibajak, Oknum Pembajak Palsukan Izin agar Bisa Klaim sebagai Penciptanya

Senin, 08 Januari 2024 - 14:14 WIB
loading...
Lagu Sial Mahalini Dibajak, Oknum Pembajak Palsukan Izin agar Bisa Klaim sebagai Penciptanya
Mahalini kembali mengungkap kekesalannya atas klaim yang dilakukan Rama Chan terhadap lagu Sial miliknya di aplikasi musik. Foto/Instagram Mahalini
A A A
JAKARTA - Mahalini kembali mengungkap kekesalannya atas klaim yang dilakukan Rama Chan terhadap lagu Sial miliknya di aplikasi musik. Orang tersebut membajak lagu Sial dengan mengubah daftar penulis dan mengklaim telah memproduksi lagu tersebut.

Rama Chan bahkan memalsukan izin dari Mahalini demi bisa mengklaim lagu Sial.

Mulanya, kekasih Rizky Febian itu tak menaruh curiga saat melihatnya di Spotify. Dia tak ingin menuduh sembarangan tanpa bukti sehingga hanya menganggap bahwa Rama Chan alias Ramadan tak mengetahui kalau namanya tertulis sebagai pemilik lagu Sial di Spotify.



"Awalnya mikir jangan-jangan emang dari pihak pengcover AKA ramadan (nama asli) itu gatau apa-apa kali yaa jadi niat cover eh dinaikin DSP (digital service provider) dan tambahin sebagai pencipta, udah gitu bukan dia yang nyanyi," ujar Mahalini dikutip dari Instagram Story-nya, Senin (8/1/2024).

Namun, Mahalini langsung naik pitam saat mengetahui kalau oknum tersebut sengaja memalsukan chat darinya yang berisi persetujuan dia untuk memasukkan nama Rama Chan sebagai pemilik lagu Sial.

"Tau-taunya aku ada bukti dimana dia PALSUIN chat izin ke aku dan dichat tersebut aku bolehin naikin DSP. Kriminal ga si ini namanya," ujar Mahalini.

Padahal, Mahalini belum sempat membalas permintaan izin dari Rama Chan. Mahalini mengaku, tak keberatan jika lagu Sial di-cover oleh penyanyi lain tanpa izin, tapi tindakan Rama Chan bukan hanya cover semata melainkan mengklaim kepemilikan lagu Sial.



"YANG DIMANA SEBENARNYA dia emang chat aku dm tapi aku ga ada bales sama sekaliiiii dan chatnya cuma izin cover doangggg (aku gak bales karna emg galiat), kalo cover doang mah yang gak ijin banyak tapi aku gak pernah masalahin," jelasnya.

Mahalini juga mengaku bukti chat tersebut dapat dipertanggungjawabkan keasliannya. Namun, dia tak ingin membongkarnya dan memilih untuk membagikan pengalaman buruknya itu sebagai pelajaran bagi musisi lain. Mahalini justru mengaku senang jika banyak yang meng-cover lagunya, asal dengan cara yang benar.

"Aku dapet bukti chat palsu tsb dari pihak yang bersangkutan juga ya. Tapi aku rasa yaudalah gitu ga aku share, semoga ini bisa jadi pembelajaran untuk temen-temen yang mau cover lagu lebih berhati hatii, aku yakin semua musisi seneng banget lagunya dicoverin tapi dengan cara yang baik pula," ungkap Mahalini.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)