7 Pilihan Camilan Sehat untuk Anak, Kaya Gizi dan Nutrisi

Senin, 08 Januari 2024 - 16:57 WIB
loading...
7 Pilihan Camilan Sehat untuk Anak, Kaya Gizi dan Nutrisi
Camilan sehat untuk anak baik untuk pertumbuhan fisik maupun kecerdasan. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Camilan sehat untuk anak baik untuk pertumbuhan fisik maupun kecerdasan. Tapi ingat, camilan tersebut harus dikonsumsi sesuai petunjuk ahli gizi, terutama bagi anak yang masih menyusui.

Camilan adalah makanan yang umumnya dikonsumsi di antara waktu makan. Jadikan waktu makan camilan sebagai peluang untuk tetap memberikan nutrisi tambahan ke dalam makanan anak. Berikan anak makanan utuh yang dapat memberikan energi dan nutrisi meski dalam bentuk camilan.

Sebagai referensi, berikut camilan yang cocok dikonsumsi anak-anak.


Camilan Sehat untuk Anak

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan sarapan sehat untuk anak-anak, tapi juga bisa menjadi camilan yang enak. Oatmeal mengandung serat larut tinggi yang dapat meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di saluran pencernaan serta manfaat kesehatan lainnya.

2. Keju Cottage

Keju cottage merupakan keju segar dan lembut yang cukup lunak untuk dikonsumsi bayi. Keju ini kaya akan protein, selenium, vitamin B12, dan kalsium. Vitamin B12 penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada anak-anak. Orang tua dapat menyajikan keju cottage dengan menambahkan buah segar atau kering, atau bisa juga disajikan dengan es krim agar lebih menarik.

3. Smoothie Buah

Minuman ini adalah cara yang baik untuk mengemas nutrisi yang bermanfaat sebagai camilan. Selain buah, sayuran juga dapat ditambahkan ke dalam smoothie. Dengan rasa manis buah yang dominan, anak mungkin tidak menyadari bahwa ada kandungan sayuran di dalamnya. Sehingga, camilan ini baik untuk anak yang malas makan sayur. Gunakan bahan-bahan segar dan hindari jus buah yang tinggi gula.

4. Telur Rebus

Telur sangat bergizi dan bisa menjadi makanan ringan yang baik untuk anak-anak. Telur mengandung protein berkualitas tinggi dengan beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin B12, riboflavin, dan selenium. Telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

5. Kue Pisang

Kue pisang buatan rumah merupakan camilan sehat untuk anak-anak. Kue ini mendapatkan rasa manis dari pisang yang ditumbuk sebagai pengganti gula halus

6. Kismis

Kismis merupakan sejenis anggur kering. Makanan ini memiliki hampir semua nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Kismis mengandung jumlah zat besi yang cukup, nutrisi yang dibutuhkan anak yang tidak ditemukan pada makanan lain, dan dapat mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, kismis memiliki senyawa tanaman, termasuk asam oleanolic yang dapat melindungi gigi berlubang pada anak.

7. Salad

Salad, terutama yang berbahan sayuran, bisa menjadi camilan yang menyehatkan untuk anak. Anda bisa menambahkan beberapa macam sayuran seperti brokoli hingga paprika untuk menciptakan camilan sehat yang kaya nutrisi. Sebagai pelezat, tambahkan mayonaise dan bumbu salad lain.

Itulah pilihan camilan sehat untuk anak yang cocok dikonsumsi di antara waktu makan. Dapatkan diskon hingga 48% untuk produk camilan anak di AladinMall. Nikmati fasilitas Gratis Ongkir tanpa batas dan promo belanja hemat lain dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store. Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips, dan review produk kebutuhanmu.

Hari ini, pukul 17.30 WIB ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)