4 Tanda Sushi Masih Layak Makan, Perhatikan Tekstur dan Aroma

Selasa, 09 Januari 2024 - 06:00 WIB
loading...
4 Tanda Sushi Masih Layak Makan, Perhatikan Tekstur dan Aroma
Sushi menjadi salah satu makanan yang disukai. Akan tetapi, tahukah Anda jika sushi tidak bisa bertahan lama? Foto/ arigatotravel
A A A
JAKARTA – Sushi menjadi salah satu makanan khas Jepang yang disukai masyarakat Indonesia. Akan tetapi, tahukah Anda jika sushi tidak bisa bertahan lama?

Atau dengan kata lain, sushi harus segera dikonsumsi demi mendapatkan rasa yang nikmat. Jadi, penting untuk memastikan sushi yang dimakan tetap aman dan segar.



Sebetulnya sushi masih bisa dinikmati keesokan harinya, asalkan disimpan dengan baik dan masih dalam keadaan segar.

Lalu, bagaimana mengidentifikasi sushi masih segar atau tidak? Dilansir laman All Day I Eat, Selasa (9/1/2024), berikut tipsnya.

Tanda Sushi Masih Fresh

1. Identifikasi aroma

Mengonsumsi sushi dalam keadaan tidak segar tentunya dapat memicu masalah kesehatan, salah satunya keracunan makanan.

Cara terbaik mengidentifikasi sushi masih dalam keadaan enak, yaitu mencium aroma. Jika tercium bau asam atau amis, kemungkinan besar sudah tidak lagi segar dan tidak boleh dimakan.

2. Tekstur

Pada bagian tekstur, umumnya sushi yang harusnya keras kini tidak lagi keras, dan ikan yang harusnya empuk justru terlihat lembek dan berlendir. Jika menemukan kondisi itu kemungkinan sushi sudah tidak segar dan sebaiknya tidak dikonsumsi.

3. Warna seafood atau isian tidak cerah

Untuk isian seperti ikan, carilah warna cerah dan mata jernih. Biasanya pada ikan salmon harus memiliki warna oranye cerah, tuna berwarna merah tua. Sedangkan makarel harus memiliki kulit yang mengkilat dan kencang saat disentuh. Di sisi lain, untuk kepiting dan udang harus keras dan berbau sedikit manis.


4. Sayuran

Sayuran seperti mentimun yang biasanya terdapat pada isian sushi, harus memiliki tekstur yang keras atau garing dan berbau segar. Sedangkan untuk rumput laut yang digunakan dalam sushi harus renyah dan kering.

Untuk itu, dengan telah mengetahui aroma, tekstur, dan kualitas bahan yang digunakan pada sushi, kini membuat Anda dapat lebih mudah mengidentifikasi sushi segar, bukan?

Jika Anda menemukan kondisi sushi seperti yang disebutkan diatas lebih baik dihindari, jika Anda tidak ingin masalah kesehatan menghampiri Anda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)