Sensasi Pedas Ikan Dori Sambal Dabu-dabu, Ini Resepnya!

Selasa, 11 Agustus 2020 - 11:08 WIB
loading...
Sensasi Pedas Ikan Dori Sambal Dabu-dabu, Ini Resepnya!
Sambal dabu-dabu merupakan sambal yang berasal dari Manado. Sambal nikmat yang satu ini akan terasa nikmat saar dipadukan dengan ikan dor. Anda pun bisa membuatnya di rumah. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sambal dabu-dabu merupakan sambal yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Sambal ini cukup unik karena tidak diulek, melainkan hanya dengan mengiris kecil-kecil semua bahan.

Rasanya pedas dan segar sambal dabu-dabu sangat cocok dinikmati bersama ikan bakar, ikan goreng, atau hidangan seafood lainnya. Seperti halnya Ikan Dori Sambal Dabu-dabu. Penasaran dengan kombinasi ikan dori dan sambal dabu-dabu, seperti dikutip dari channel YouTube Devina Hermawan, berikut resepnya.

Bahan-bahan:
2 tomat merah
2 tomat hijau
5 siung bawang merah
5-10 cabai rawit merah
2 jeruk nipis
1 sdt garam
2 sdt gula
ÂĽ sdt kaldu jamur
50 ml minyak goreng

Bahan lainnya:
2 ikan dori fillet
2 sdm tepung terigu
2 sdm minyak goreng

Cara membuat:
Keringkan ikan dori menggunakan tisu, lumuri dengan tepung terigu. Panaskan minyak, pan seared kedua sisi ikan hingga matang. (Baca juga: Enggak Perlu Jajan, Buat Saja Pisang Karamel untuk Cemilan Sore ).

Potong dadu tomat merah dan tomat hijau yang dibuang bijinya. Iris bawang merah dan cabai rawit merah masukkan ke dalam mangkuk.

Bumbui dengan garam, gula, kaldu jamur, jeruk nipis dan siram dengan minyak panas. Aduk rata. Sajikan ikan dori dengan sambal dabu-dabu di atasnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0925 seconds (0.1#10.140)