Kenapa Kolesterol Tinggi Bisa Tanpa Gejala? Kenali Penyebabnya

Selasa, 09 Januari 2024 - 16:12 WIB
loading...
Kenapa Kolesterol Tinggi Bisa Tanpa Gejala? Kenali Penyebabnya
Kolesterol tinggi bisa tanpa gejala. Biasanya pasien tidak akan mulai merasakan gejala apa pun sampai kolesterol tinggi menyebabkan masalah lain pada tubuh. Foto/Naples Regenerative Institute
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi bisa tanpa gejala yang membuat banyak orang tidak menyadari menderita penyakit ini. Biasanya pasien tidak akan mulai merasakan gejala apa pun sampai kolesterol tinggi menyebabkan masalah lain pada tubuh.

Dilansir dari Clevel and Clinic, Selasa (9/1/2024) seiring waktu, kolesterol tinggi menyebabkan penumpukan plak di dalam pembuluh darah. Penumpukan plak ini disebut aterosklerosis.

Orang dengan aterosklerosis menghadapi risiko lebih tinggi terhadap berbagai kondisi medis. Itu karena pembuluh darah melakukan pekerjaan penting di seluruh tubuh. Sehingga ketika ada masalah di salah satu pembuluh darah, pasien baru merasakan gejala.

Ketika Anda memiliki kolesterol tinggi, plak akan terbentuk di dalam pembuluh darah. Semakin lama Anda tidak menjalani pengobatan, semakin besar plaknya. Saat plak semakin besar, pembuluh darah menyempit atau tersumbat.



Kenapa Kolesterol Tinggi Bisa Tanpa Gejala? Kenali Penyebabnya

Foto/Infografis SINDOnews

Ibarat saluran air yang tersumbat sebagian, pembuluh darah Anda mungkin masih bisa bekerja dalam jangka waktu yang lama. Namun mereka tidak akan bekerja seefisien yang seharusnya.

Kolesterol tinggi meningkatkan risiko kondisi medis lainnya tergantung pada pembuluh darah mana yang tersumbat.

Seringkali hal ini merupakan faktor risiko tersembunyi yang artinya bisa terjadi tanpa disadari hingga terlambat. Itulah mengapa sangat penting untuk memeriksakan kadar kolesterol.

Namun, jika menderita hiperkolesterolemia familial, Anda akan menunjukkan tanda-tanda kolesterol tinggi. Berikut di antaranya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)