RSPP Jakarta Gandeng Mayo Clinic untuk Tingkatkan Mutu Layanan Kanker di Indonesia

Kamis, 11 Januari 2024 - 09:19 WIB
loading...
RSPP Jakarta Gandeng Mayo Clinic untuk Tingkatkan Mutu Layanan Kanker di Indonesia
Jajaran pimpinan IHC RSPP dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (10/1/2024). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta kini melayani pengobatan kanker menggunakan BPJS Kesehatan. Per 1 Januari 2024, layanan radioterapi kanker di RSPP sudah dijamin oleh BPJS.

Lewat sinergi ini, diharapkan semakin banyak pasien kanker yang bisa disembuhkan karena pengobatannya terjangkau. Sementara untuk layanan lain seperti kemoterapi, radionuklir, kateterisasi jantung, dan endoskopi masih dalam proses pengajuan ke pihak BPJS. Diharapkan upaya itu dapat terealisasi pada trimester pertama 2024.

Layanan di RSPP sendiri sudah dilengkapi peralatan cukup canggih antara lain MRI (Magnetic Resonance Imaging), MSCT (Multislice Computerized Tomography), cath lab (Kateterisasi Jantung), kedokteran nuklir, radioterapi, dan robotic untuk prostat. RSPP menjadi salah satu member Mayo Clinic Care Network (MCCN) sejak 2023, yang merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia.

"Kami dapat mengakses berbagai pengetahuan dan keahlian dari tim Mayo Clinic, termasuk diskusi mengenai pengobatan kanker serta pengobatan layanan dan penyakit lain. Hal itu keuntungan bagi setiap tenaga medis di IHC RSPP untuk meningkatkan kemampuan di skala internasional. Karena tim medis IHC RSPP dapat melakukan teleconference secara langsung dengan para ahli kesehatan dari Mayo Clinic," beber Direktur IHC RSPP dr Neny Herawati MKKK dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Saat ini RSPP memiliki 2 centre of excellence (COE) yaitu Cancer Center dan Cardioneuroendovascular.

"Salah satu contoh hasil diskusi dan bimbingan dengan tim Mayo, kami mengembangkan ODC (one day care) chemoterapi dan heart failure clinic atau klinik gagal jantung di RSPP. Ini salah satu upaya kami untuk meningkatkan mutu dan layanan di RSPP," imbuhnya.

IHC RSPP juga menggandeng beragam komunitas kesehatan dari Jakarta dan para dokter di luar IHC RSPP. Seperti komunitas kanker, komunitas diabetes, dan sebagainya. Kolaborasi ini termasuk untuk melakukan edukasi kesehatan sebagai langkah preventif.

Guna mendukung semua upaya tersebut, IHC RSPP pun melakukan sejumlah renovasi gedung, terutama pada kamar rawat inap agar pasien merasa lebih nyaman dan bernuansa kekinian.

Tak hanya gedung yang tampil baru, sistem layanan administrasi pendaftaran pasien juga dibuat dengan digitalisasi, mulai dari hulu hingga hilir. Hal itu demi memudahkan pasien yang akan berobat di IHC RSPP.

"Pasien tak perlu datang ke rumah sakit untuk mendaftar berobat. Cukup gunakan WA dari mobile phone atau gadget pasien. Nanti sistem yang akan merespons dari pendaftaran, pembayaran, hingga hadir di depan dokter," terang dr. Neny.

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, IHC RSPP berencana menggelar pameran di mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada 4-10 Maret 2024. Tak hanya pameran, kegiatan itu juga dilengkapi dengan seminar dan konsultasi kesehatan gratis.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)