Deretan Daerah di Jawa yang Jadi Inspirasi Nama Tempat di Belanda, Salah Satunya Lamonggracht

Kamis, 11 Januari 2024 - 17:01 WIB
loading...
Deretan Daerah di Jawa yang Jadi Inspirasi Nama Tempat di Belanda, Salah Satunya Lamonggracht
Di Belanda, terdapat kawasan yang namanya diambil dari daerah di Jawa. Bahkan, dinamakan Pulau Jawa atau Java Eiland. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Bukan hanya Indonesia yang mengalami percampuran budaya dengan Belanda, baik itu bahasa atau arsitektur bangunan. Akulturasi budaya Indonesia pun sampai ke Negeri Kincir Angin.

Tengok saja, hingga saat ini masih banyak warga Belanda yang bisa berbahasa Jawa. Hal ini karena sebagian orang dari suku Jawa sempat dipindahkan ke Belanda saat penjajahan. Berbekal bahasa Jawa dan ingin memegang prinsip adat Jawa , mereka mempertahankan bahasa tersebut untuk berkomunikasi sehari-hari.



Bukan cuma itu, ternyata di Belanda, khususnya Amsterdam, terdapat kawasan dekat dengan perairan yang dinamakan Pulau Jawa atau Java Eiland.

Kawasan ini bukan semata-mata dibuat untuk menjadi miniatur Pulau Jawa, melainkan memang ada karena sejarah panjang antara Belanda dan Indonesia.

Seorang presenter sekaligus model asal Indonesia, Ajeng Kamaratih membagikan unggahan di Instagram @ajengkamaratih_, mengenai Pulau Jawa yang ada di Amsterdam.

Jika dilihat dari video tersebut, terdapat beberapa kawasan yang mengadaptasi nama-nama daerah Indonesia khususnya di Pulau Jawa dengan digabungkan dengan penggunaan kata dari Bahasa Belanda.

“Ada Pulau Jawa (Java Eiland) di Amsterdam! Dan ternyata Pulau Jawa van Amsterdam ini adalah ‘sister city’-nya kota Jakarta lho!,” tulis Ajeng Kamaratih pada keterangan video tersebut, dikutip MNC Portal Indonesia, Kamis (11/1/2024).

Dalam video tersebut beberapa nama daerah di Indonesia yang ada di Pulau Jawa, Amsterdam, yakni Lamonggracht yang berasal dari gabungan kata ‘Lamong’ atau merujuk pada Kota Lamongan dan ‘Gracht’ yang artinya kanal.

Selain itu, Brantasgracht adaptasi dari salah satu sungai di Jawa Timur yakni Sungai Brantas. Selain itu ada pun Sumatrakade yang merupakan gabungan dari Pulau Sumatra dan ‘Kade’ atau yang artinya dermaga. Jika digabungkan artinya Dermaga Sumatra.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)