ASI Eksklusif Bikin Anak Lebih Kuat Melawan Virus Pneumonia, Begini Penjelasan Ahli

Kamis, 11 Januari 2024 - 19:31 WIB
loading...
ASI Eksklusif Bikin Anak Lebih Kuat Melawan Virus Pneumonia, Begini Penjelasan Ahli
ASI Eksklusif dinilai bisa membuat anak lebih kuat melawan virus pneumonia. Foto/ themamanurse
A A A
JAKARTA - Kasus mycoplasma pneumonia dari China sempat menghebohkan publik. Pasalnya, penyakit ini cenderung menyerang anak-anak.

Di Indonesia, kasus mycoplasma pneumonia sudah terdeteksi. Ramainya kasus mycoplasma pneumonia ini sontak membuat orangtua khawatir.



Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Respirologi IDAI, Dr. dr. Nastiti Kaswandani, Sp.A(K) mengungkapkan bahwa anak yang mendapatkan ASI eksklusif ketika bayi cenderung memiliki kekebalan tubuh yang lebih untuk melawan virus penyebab pneumonia.

“Ketika tidak memberikan ASI eksklusif maka meningkatkan risiko pneumonia dibandingkan dengan anak yang mendapatkan ASI eksklusif. Jadi menyusui secara eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan akan menurunkan sampai 20% untuk kemungkinan pneumonia,” kata dr. Nastiti Kaswandani dalam Seminar Media mengenai Pneumonia pada Anak, Kamis (11/1/2024).

Dr. Nastiti Kaswandani menjelaskan semakin muda usia anak, semakin tinggi kemungkinan anak terkena pneumonia apabila tertular. Hal ini disebabkan anak yang masih bayi atau balita belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat sehingga rentan tertular virus atau berbagai penyakit lainnya.

Tak hanya pneumonia, ASI juga dapat melindungi anak dari berbagai infeksi penyakit lainnya. Bahkan sudah banyak sekali para ahli yang meneliti kandungan asi yang ternyata di dalam asi memiliki berbagai zat yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

“Di ASI itu banyak sekali zat-zat yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Ada yang namanya imunoglobulin, itu banyak dalam kandungan kolostrum di asi,” jelasnya.



Tentunya agar anak semakin terlindungi dari paparan virus penyebab pneumonia, diperlukannya berbagai langkah preventif dari orang tua seperti memastikan kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal dan kesadaran untuk melakukan imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV).

“Selain itu imunisasi juga penting. Nah imunisasi ini bisa menurunkan sampai 50% angka pneumonia,” kata dr. Nastiti Kaswandani.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)