10 Penyakit yang Dapat Disembuhkan dengan Daun Sirih, dari Sembelit hingga Sakit Kepala

Rabu, 10 Januari 2024 - 15:50 WIB
loading...
10 Penyakit yang Dapat Disembuhkan dengan Daun Sirih, dari Sembelit hingga Sakit Kepala
Beberapa penyakit dapat disembuhkan dengan daun sirih karena daun sirih memiliki anti diabetes, kardiovaskular, anti inflamasi, anti maag, dan anti infeksi. Foto/Istock Photo Pannaruj Sirapothivong
A A A
JAKARTA - Beberapa penyakit dapat disembuhkan dengan daun sirih menurut sejumlah penelitian. Ini karena daun sirih memiliki sifat anti diabetes, kardiovaskular, anti inflamasi, anti maag, dan anti infeksi.

Dilansir dari Health Shots, Rabu (10/1/2024) per 100 gramnya, daun sirih mengandung 1,3 mikrogram yodium, 4,6 mikrogram kalium, 1,9 mol atau 2,9 mcg vitamin A, 13 mikrogram vitamin B1, dan 0,63 hingga 0,89 mikrogram asam nikotinat.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirih, Anda bisa mengunyahnya langsung atau merebus dan mengonsumsi airnya saat perut kosong. Meski manfaat daun sirih banyak, namun Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dengan Daun Sirih



Berikut penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun sirih.



10 Penyakit yang Dapat Disembuhkan dengan Daun Sirih, dari Sembelit hingga Sakit Kepala

Foto/Infografis SINDOnews

1. Sembelit


Daun sirih dianggap sebagai pembangkit tenaga antioksidan yang menjaga tingkat pH normal dalam tubuh dan meredakan masalah yang berhubungan dengan perut. Penggunaannya sangat bermanfaat dalam kasus sembelit.

Untuk meredakan masalah perut, daun sirih dihaluskan dan direndam semalaman dalam air. Setelah bangun tidur di pagi hari, saring airnya dan minum saat perut kosong.

2. Sakit Gigi dan Infeksi Mulut


Daun sirih mengandung banyak sifat antimikroba yang meredakan bau mulut, gigi menguning, plak, dan kerusakan gigi. Mengunyah sedikit pasta yang terbuat dari daun sirih setelah makan bermanfaat bagi kesehatan mulut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)