Resep Ayam Chili Padi yang Lagi Viral, Cocok untuk Pencinta Pedas

Jum'at, 12 Januari 2024 - 06:00 WIB
loading...
Resep Ayam Chili Padi yang Lagi Viral, Cocok untuk Pencinta Pedas
Ayam chili padi menjadi salah satu makanan yang tengah viral dan ramai berseliweran di beranda media sosial. Foto/ YouTube.
A A A
JAKARTA - Ayam chili padi menjadi salah satu makanan yang tengah viral dan ramai berseliweran di beranda media sosial. Ini karena cita rasanya yang menggugah selera.

Tekstur ayam yang garing yang diselimuti dengan bumbu cabai yang gurih dan pedas membuat pencinta kuliner dibuat ketagihan.



Anda pun bisa membuatnya di rumah. Berikut resep ayam chili padi, seperti yang dilansir dalam akun TikTok @firhan_ashari.

Resep Ayam

Bahan marinasi ayam:

500 gr paha ayam fillet

4 butir besar bawang putih parut

1 sdt kaldu bubuk

1 sdt penyedap

½ sdt lada

Tepung basah:

90 gr tepung terigu

40 gr maizena

1 sdt baking powder

180 ml air es

Bahan Chili Padi:

30 buah cabe rawit hijau

15 buah cabe hijau keriting

10 buah cabe merah keriting

9 butir bawang merah

6 butir bawang putih

1 sdt saus tiram

1 sdt kaldu bubuk

½ sdt penyedap

1 sdt gula

50 ml air



Cara membuat:

1. Potong paha ayam fillet menjadi kotak-kotak hingga beberapa bagian. Setelah itu masukan bumbu marinasi ayam ke dalam wadah. Tunggu minimal 30 menit hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam

2. Kemudian campurkan bumbu tepung basah ke dalam wadah dan aduk hingga merata. Setelah itu masukkan ayam yang sudah dimarinasi ke dalam tepung basah.

3. Pastikan seluruh daging ayam terlapisi tepung dengan sempurna. Lalu siapkan wajan dan panaskan minyak. Goreng ayam hingga setengah matang dan angkat

4. Setelah itu goreng untuk kedua kali dalam minyak yang sangat panas selama 1-2 menit saja. Resep ini menggunakan teknik double fried agar ayam menjadi garing dan tetap juicy. Jangan terlalu lama menggoreng ayam yang kedua kalinya agar tidak gosong.

5. Sembari meniriskan ayam yang telah digoreng, Anda bisa sambil membuat bumbu chili padi. Masukkan bawang merah dan putih ke dalam chopper.

6. Tak ketinggalan juga masukkan berbagai jenis cabai, lalu chopper hingga hancur tapi jangan sampai terlalu halus karena bumbu chili padi identik dengan bumbu cabai yang masih bertekstur.

7. Lalu, tumis bumbu chili padi menggunakan sedikit minyak sampai harum. Kemudian Anda bisa tambahkan bumbu seperti saus tiram, kaldu bubuk, penyedap, gula dan sedikit air. Campur semuanya hingga rata.

8. Jangan lupa dikoreksi rasa dan pastikan bumbu chili padi benar-benar matang. Setelah itu tuang seluruh bumbu chili padi di atas tumpukan ayam yang telah digoreng sebelumnya. Ayam Chili Padi siap di santap.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2033 seconds (0.1#10.140)