9 Bahan Makanan yang Wajib Ada di Dapur, Apa Saja?

Jum'at, 12 Januari 2024 - 17:22 WIB
loading...
9 Bahan Makanan yang Wajib Ada di Dapur, Apa Saja?
Sembilan bahan makanan yang wajib ada di dapur ini harus siap sedia. Tentunya, agar kebutuhan pangan keluarga terpenuhi. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Sembilan bahan makanan yang wajib ada di dapur ini harus siap sedia. Tentunya, agar kebutuhan pangan keluarga terpenuhi.

Ada baiknya membeli semua kebutuhan tersebut dengan cara belanja bulanan. Sebab, Anda tidak perlu bolak-balik warung atau toko untuk membeli salah satunya.

Berikut daftar bahan makanan yang wajib ada di dapur:

1. Beras

Beras adalah bahan makanan pokok yang pasti ada di dapur. Sebelum dikonsumsi, beras harus terlebih dahulu dimasak agar menjadi nasi. Setelah menjadi nasi tentunya kamu bisa langsung makan yang ditambahkan dengan lauk pauk atau bahkan bisa diolah menjadi menu lainnya seperti nasi goreng, nasi kuning, dan yang lainnya. Harga bahan pokok beras bervariasi dengan rata-rata sekitar 10 ribuan per kilogram.

2. Bawang

Bawang merah dan bawang putih termasuk dalam sembilan bahan pokok. Bahan yang satu ini mampu menciptakan rasa lezat pada berbagai masakan sehingga masuk ke dalam salah satu sembako. Tanpa adanya bawang merah dan putih maka makanan akan terasa hambar dan kurang terasa nikmat. Bawang juga cocok dijadikan bahan pembuatan sambal bawang yang lezat.

3. Garam

Garam termasuk bumbu yang bisa membuat masakan kamu menjadi lebih enak. Pastikan juga memilih garam beryodium untuk di rumah karena memiliki lebih banyak manfaat mulai dari kesehatan tubuh hingga mencegah terjadinya penyakit.

4. Minyak Goreng

Selanjutnya ada minyak goreng yang menjadi salah satu dari sembilan bahan pokok yang wajib dipenuhi masyarakat. Apalagi bagi kamu yang suka masak setiap hari dengan cara ditumis atau digoreng tentu membutuhkan minyak goreng. Ada beberapa jenis minyak goreng seperti minyak zaitun, minyak wijen, hingga minyak kelapa sawit. Dari berbagai jenis yang tersedia di pasar biasanya masyarakat lebih memiliki minyak goreng kelapa sawit karena harganya lebih murah yaitu mulai 14 ribu rupiah per liternya.

5. Gula Pasir

Gula bukan hanya sebagai pemanis untuk minuman atau makanan, tetapi juga bisa menyeimbangkan rasa pada masakan. Bahkan gula ini selalu dibutuhkan ketika setiap orang ingin masak kue kering atau basah. Dengan mengkonsumsi gula tentunya bisa mengembalikan energi dalam tubuh kamu yang hilang tapi tentunya harus mengkonsumsi sesuai petunjuk harian dan jangan berlebihan. Batas maksimal konsumsi gula harian yang disarankan Kemenkes setiap hari tidak lebih dari 50 gram.

6. Telur

Salah satu sembako yang selalu dikonsumsi hampir setiap hari adalah telur. Dengan harga yang lebih murah dibanding daging sapi atau ayam tentunya telur menjadi pilihan semua kalangan. Walaupun harganya lebih murah tetapi kamu bisa mendapatkan protein yang cukup selain susu. Selain itu, telur juga mengandung asam amino, mineral, karbohidrat, vitamin, dan juga lemak.

7. Teh dan Susu

Susu termasuk ke dalam salah satu sembilan bahan pokok karena dibutuhkan oleh semua orang mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Jadi jangan lupa selalu stok susu di rumah kamu untuk diminum setiap hari. Selain susu, teh juga dibutuhkan sebagai minuman saat santai bersama keluarga.

8. Daging

Daging diklaim kaya akan kandungan protein. Baik daging sapi atau daging ayam, bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan protein harian tubuh kamu. Apalagi daging bisa dimasak dengan berbagai macam resep sehingga kamu tidak akan bosan makan daging.

9. Buah

Buah termasuk bahan makanan pokok. Buah bisa dijadikan sebagai asupan penambah vitamin untuk keluarga. Selain vitamin, buah pisang ternyata juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Sehingga, pisang bisa mengenyangkan.

Jika tidak ada buah, Anda dapat menggantinya dengan suplemen sesuai kebutuhan.

Itulah daftar bahan makanan yang wajib ada di dapur. Ikutan Flash Sale Tiap Hari ada diskon hingga 90% untuk pembelian kebutuhan dapur di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir tanpa batas dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store . Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan review produk kebutuhanmu.

Hari ini, pukul 17.30 WIB ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)