Viral! Wanita India Ini hanya Bicara Sejam Sehari selama 32 Tahun

Sabtu, 13 Januari 2024 - 14:00 WIB
loading...
Viral! Wanita India Ini hanya Bicara Sejam Sehari selama 32 Tahun
Viral di media sosial wanita India hanya bicara sejam sehari selama 32 tahun. Wanita bernama Saraswati Devi ini bukan tanpa alasan melakukan aksi tersebut. Foto/Oddity Central
A A A
INDIA - Viral di media sosial kisah wanita India hanya bicara sejam sehari selama 32 tahun terakhir. Wanita bernama Saraswati Devi ini bukan tanpa alasan melakukan aksi tidak biasa tersebut.

Diketahui wanita 85 tahun itu hanya bicara sejam sehari karena melakukan sumpah diam atau maun vrat yang pertama kali dilakukan pada 1992. Dia mengabdikan hidupnya kepada Dewa Ram setelah kematian suaminya pada 1986 dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berziarah.

Dilansir dari Oddity Central, Sabtu (13/1/2024) pada 1992, dia bertemu kepala Ram Janmabhoomi Trust Mahant Nritya Gopal Das yang memerintahkannya untuk mengelilingi Gunung Kamtanath sebagai tanda pengabdian kepada Dewa Ram.

Pada 6 Desember, hari yang sama ketika Masjid Babri dibongkar, Saraswati bertemu Swami Nritya Gopal Das, kepala kuil terbesar di Ayodhya, India. Dia sangat terinspirasi olehnya sehingga bersumpah untuk tidak berbicara sampai kuil baru yang didedikasikan untuk Ram akan dibangun di kota.



Viral! Wanita India Ini hanya Bicara Sejam Sehari selama 32 Tahun

Foto/Oddity Central

Sumpah wanita yang akrab dipanggil Mauni Mata itu akhirnya akan berakhir bulan ini, dengan diresmikannya kuil Ram Mandir di Ayodhya. Salah satu menantu perempuan Saraswati mengatakan bahwa sang ibu biasanya berkomunikasi dengan keluarganya melalui kertas.

“Setelah Masjid Babri dibongkar, ibu mertua saya mengunjungi Ayodhya dan berjanji maun vrat sampai Ram Mandir dibangun,” kata salah satu menantu perempuan Saraswati.

“Dia biasa berdiam diri selama 23 jam sehari, hanya istirahat selama satu jam pada siang hari. Selebihnya, dia berkomunikasi dengan kami melalui pena dan kertas. Sebagian besar, kami memahami bahasa isyaratnya. Tapi dia biasa menuliskan kalimat rumit di selembar kertas," sambungnya.

Jam bicaranya setiap hari masih banyak membantu keluarga tersebut. Namun pada 2020, ketika Perdana Menteri India Narendra Modi secara resmi mengumumkan pembangunan Ram Mandir, wanita itu berhenti berbicara sepenuhnya.



Saraswati telah mengunjungi kuil-kuil Hindu paling terkemuka di India selama 32 tahun terakhir sambil mempertahankan sumpah diamnya, dan pengabdiannya kepada Dewa Ram.

Pada 22 Januari saat Ram Mandir akan diresmikan, dia akan mengakhiri maun vrat dengan mengucapkan kata pertamanya setelah lebih dari 3 tahun, Ram Naam.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2250 seconds (0.1#10.140)