alexametrics

Trilogi Kevin Kwan yang Menghebohkan Dunia

loading...
Trilogi Kevin Kwan yang Menghebohkan Dunia
Novel trilogi Crazy Rich Asians karya Kevin Kwan. FOTO/GMA Network
A+ A-
KEVIN Kwan kini telah diakui sebagai penulis novel level dunia. Novel triloginya, Crazy Rich Asians, masuk dalam daftar bestseller New York Times. Berkat karyanya tersebut Kevin termasuk dalam empat orang yang menjadi inductee, semacam duta atau anggota kehormatan, baru di Asian Hall of Fame yang akan digelar pada 5 Mei mendatang di Fairmont Olympic Hotel di pusat kota Seattle, Amerika Serikat.

Tak hanya itu, The Hollywood Reporter juga memasukkan nama Kevin sebagai salah satu dari "lima penulis yang patut diamati" (Five Writers to Watch) dalam daftar Penulis Paling Kuat di Hollywood pada 2014. Seperti apa sinopsis dari ketiga novelnya tersebut? berikut penjelasan singkatnya.

1. Crazy Rich Asians

Trilogi Kevin Kwan yang Menghebohkan Dunia


Novel ini dikisahkan dari perspektif lima karakter utamanya, yaitu Nick Young, Rachel Chu, Eleanor Young, Astrid Teo, dan Edison Cheng. Kisahnya berpusat pada peristiwa 'pernikahan tahun ini' antara top lajang Singapura Colin Khoo dan ikon mode Aramita Lee. Nick dan kekasihnya, Rachel, khusus datang ke pernikahan ini dari Amerika Serikat ke Singapura.

Nick adalah profesor di New York University, besar di London tapi asli Singapura. Sementara Rachel juga profesor di universitas yang sama, keturunan China-Amerika, dan tipikal warga kelas menengah. Saat diajak untuk bertemu keluarga Nick di Singapura inilah, kejadian-kejadian unik nan satir mengalir. "Kegilaan" dalam novel ini salah satunya digambarkan dengan cerita tentang keluarga miliuner China yang tiba di sebuah hotel mewah di London. Setelah resepsionis menolak memberi mereka kamar, mereka malah memutuskan untuk membeli hotel tersebut.

Kevin menyebut novel ini bermaksud untuk menghibur, menunjukkan kebenaran, sekaligus mengungkap orang-orang nyata di balik kesuksesan ekonomi Asia yang luar biasa, dan tidak diceritakan oleh media. Banyak dari karakternya terinspirasi oleh individu yang dia kenal, sementara yang lain adalah perpaduan beberapa karakter. Namun Kevin tetap menutup rapat identitas para karakternya. Di antaranya adalah karakter Astrid Leong, pewaris yang sangat cantik dan dijuluki 'Dewi' oleh teman-temannya.

2. China Rich Girlfriend

Trilogi Kevin Kwan yang Menghebohkan Dunia


Novel ini mengisahkan tentang romansa dan rencana pernikahan antara Nick Young dan Rachel. Juga kehidupan ibu Nick yang licik, Eleanor, serta sepupunya yang shopaholic, Astrid Leong.

Di novel ini, Kevin kembali melanjutkan kisah tentang keluarga miliuner China di Singapura, dengan riset yang ekstensif. "Saya menghabiskan waktu di China dan melakukan perjalanan ke semua tempat yang ditampilkan dalam buku saya. Bagi saya, sangat penting untuk melihat setiap lokasi dengan mata kepala saya sendiri, menghirup udara di tempat itu, atau mencicipi makanan," ujar Kevin.

Kevin juga telah menghabiskan waktu dengan beberapa taipan asal China. Dia juga ikut berpesta bersama mereka. Salah satu bagian terbaik dalam novel ini adalah catatan kakinya dengan analisis antropologis yang merinci kebiasaan berbagai macam tipe orang kaya di China.

3. Rich People Problems

Trilogi Kevin Kwan yang Menghebohkan Dunia


Buku terakhir dari trilogi ini mengambil kisah saat Nick dan Rachel telah menikah. Ibu Nick memintanya segera pulang ke Singapura karena nenek Nick sekarat. Nick pun merasa harus memperbaiki hubungannya dengan neneknya, yang tak setuju dengan pernikahan Nick dengan Rachel.

Kevin mengaku agak kesulitan membagi waktu saat menulis novel ini karena saat itu dia sedang terlibat dalam pembuatan film Crazy Rich Asians, mempromosikan buku kedua, dan berbagai proyek lainnya. Selain buku trilogi, Kevin juga pernah menulis buku Luck: The Essential Guide bersama Deborah Aaronson. Buku ini berisi beberapa hal atau barang untuk dibawa saat acara-acara khusus. Kevin juga pernah menjadi kurator untuk buku foto I Was Cuba karya Ramiro Fernandez.
(amm)
BERITA TERKAIT
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak