Berapa Biaya Operasi Bypass Jantung? Pasien Tak Mampu Bisa Gunakan SKTM

Senin, 15 Januari 2024 - 18:28 WIB
loading...
Berapa Biaya Operasi Bypass Jantung? Pasien Tak Mampu Bisa Gunakan SKTM
Berapa biaya operasi bypass jantung? Tindakan ini dilakukan untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah pada pasien jantung koroner. Foto/ uclahealth.
A A A
JAKARTA - Berapa biaya operasi bypass jantung? Tindakan ini dilakukan untuk mengatasi penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah arteri koroner pada pasien penyakit jantung koroner.

Prosedur ini dilakukan untuk mengalihkan fungsi arteri koroner yang rusak menggunakan cangkokan pembuluh darah baru dari bagian tubuh lain.



Diketahui, jantung merupakan organ vital yang memompa darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otot jantung itu sendiri. Pasokan darah ke otot jantung disuplai oleh pembuluh darah arteri koroner yang terbagi menjadi dua cabang utama, yaitu arteri koroner kanan dan kiri, yang kemudian akan bercabang lagi ke seluruh jantung.

Dikutip situs Kemenkes, Pelayanan dan standar operasional prosedur (SOP) Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) Jakarta terbilang murah dibanding luar negeri.

Dirut RSJPD Harapan Kita, dr. Hananto mengatakan, rumah sakit rujukan penyakit jantung tingkat nasional ini melayani seluruh masyarakat, tidak melihat miskin atau kaya. Bahkan, jauh sebelum ada program Jamkesmas, juga sudah melayani program charity (sosial) bekerja sama dengan Yayasan Jantung Indonesia, program sosial televisi swasta, dan lembaga lainnya.

“Kami mampu melakukan operasi dari A sampai Z. Mau ganti katup sampai dua katup juga bisa. Bahkan, perbaikan pembuluh darah aorta yang robek tanpa operasi pun hanya bisa dilakukan di RS Jantung Harapan Kita,” katanya.

Biaya Operasi Jantung

Biaya operasi bedah jantung berdasarkan catatan yang ada, dr. Hananto mengatakan, biaya operasi jantung mulai Rp40jutaan sampai ratusan juta rupiah.

Operasi bypass jantung dan katup jantung misalnya mencapai Rp40juta hingga Rp45 juta. Operasi koreksi jantung bawaan pada anak bisa mencapai Rp200 juta.

“Bagi pasien Jamkesmas, seluruh biaya ditanggung pemerintah melalui Program Jamkesmas. Pasien yang tidak punya Jamkesmas tetapi memiliki SKTM (surat keterangan tidak mampu) dan setelah diteliti benar-benar miskin maka mendapat bantuan 50 persen,” ujar dia.

Tidak hanya berobat di RSJPD Harapan Kita, penderita jantung dapat mendatangi RS yang sudah memberikan pelayanan jantung.



Ada RS di 12 kota yang sudah menjalin kerja sama penanganan penderita jantung, yaitu Semarang, Surabaya, Jakarta, Palembang, Padang, Bali, Yogayakarta, dan kota besar lainnya.

“Di Jakarta, RSJPDHK sudah menjalin jaringan dengan lima rumah sakit yakni RS Fatmawati, RS Tarakan, RS Haji, RS Cengkareng, dan RS Pasar Rebo. Walaupun pendeteksi berada di RS Pasa Rebo namun kita tetap monitor melalui alat yang dipasang di sana dan langsung bisa dilihat di RSJPD Harapan Kita. jadi tak usah khawatir,” tutur dr. Hananto.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2449 seconds (0.1#10.140)