Pentingnya Edukasi Parenting Orang Tua demi Kesuksesan Anak

Senin, 15 Januari 2024 - 20:59 WIB
loading...
Pentingnya Edukasi Parenting Orang Tua demi Kesuksesan Anak
Menjadi orang tua tentu bukan hal mudah, sebab harus memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak. Foto/ YouTube.
A A A
JAKARTA - Menjadi orang tua tentunya bukan hal yang mudah, sebab harus memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak mereka. Sehingga ketika besar anak-anak bisa menjadi orang yang sukses dan membanggakan.

Sayang, tidak semua orang tua memiliki kemampuan parenting yang baik. Sehingga ketika cara mendidiknya salah membuat anak menjadi pemarah, tidak percaya diri dan lain sebagainya.



Kasus ini ditemukan oleh Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat IV Partai Perindo, Rita Irawati Priatna. Ia melihat banyak orang tua di daerah yang tidak memiliki parenting yang baik untuk mendidik anak-anaknya.

“Memberikan edukasi untuk para orang tua tentunya sangat penting. Karena ibu sangat berperan penting dalam mendidik anak, mulai dari pertumbuhan saat bayi sampai di atas lima tahun. Kemudian usia pendidikan, di mana seorang ibu harus punya pengetahuan di situ,” ujar Rita dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk ‘Pentingnya Peran Ibu dalam Tumbuh Kembang Anak’, Senin (15/1/2024).

Tak hanya sudah besar, menurut Rita seorang ibu juga harus memperhatikan asupan gizi. Sebab di momen itu makanan bergizi diperlukan untuk perkembangan otak dan organ lainnya.

“Semua itu dari nol harus mulai diperhatikan dan harus ada edukasi yang diterapkan agar mereka paham, nggak hanya hamil terus membesarkan tapi harus memiliki anak yang berkualitas,” tuturnya.



Menurutnya mendidik anak sekarang ini juga tidak bisa disamakan seperti zaman dulu yang penuh otoriter. Hal ini yang harus diperhatikan oleh para orang tua.

“Kalau anak salah, beritahu dengan memberi alasan. Kalau melarang anak beri alasan, jadi nggak sekedar melarang. Mereka mau tau sebab dan akibatnya kalau dilarang,” ujar dia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2357 seconds (0.1#10.140)