Hujan Deras Guyur Gunung Lewotobi, Waspada Banjir Lahar Dingin!

Selasa, 16 Januari 2024 - 06:36 WIB
loading...
Hujan Deras Guyur Gunung Lewotobi, Waspada Banjir Lahar Dingin!
Hujan lebat mengguyuri wilayah Gunung Lewotobi di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto/Istimewa
A A A
FLORES TIMUR - Hujan lebat mengguyuri wilayah Gunung Lewotobi di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak Senin (15/1) malam. Hal ini berpotensi memicubanjir lahar dingin dari puncak Gunung Lewotobi Laki-laki yang tengah erupsi.

Berdasarkan pengamatan petugas Pos Pemantauan Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki, Anselmus Bobyson Lamanepa, wilayah puncak gunung setinggi 1.584 meter dpl tersebut tampak diguyuri hujan berintensitas tinggi.

”Terekam getaran banjir di stasiun seismik puncak Gunung Lewotobi,” kata Lamanepa dalam keterangannya, Selasa (16/1/2024).



Dia mewanti-wanti warga masyarakat di lereng Gunung Lewotobi agar mewaspadai potensi mengalirnya lahar dingin dari sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung tersebut.

Adapun beberapa wilayah yang berada di lereng Gunung Lewotobi Laki-laki yang tengah erupsi itu adalah Klatanlo, Hokeng Jaya, Nawokote, Dulipali, Nobo dan Nurabelen. Gunung Lewotobi Laki-laki saat ini masih menyandang status Level IV atau Awas.



Ini merupakan status tertinggi gunung api, mengindikasikan erupsi dapat mengancam pemukiman di sekitar.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 4 kilometer dari pusat erupsi dan perluasan sektor lima kilometer arah Barat Laut hingga Utara.

Jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, warga masyarakat di lereng gunung perlu mewaspadai potensi banjir lahar dingin pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki-laki.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1030 seconds (0.1#10.140)