Fokus Bantu Pemulung, Pepsodent Rilis Edisi Spesial Merah Putih

Selasa, 11 Agustus 2020 - 15:35 WIB
loading...
Fokus Bantu Pemulung, Pepsodent Rilis Edisi Spesial Merah Putih
Sesi peluncuran Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih secara virtual, kemarin (10/8). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Jelang ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-75, Pepsodent merilis pasta gigi edisi spesial bertema Merah Putih. Peluncuran pasta gigi ini tak semata bermakna sebagai produk yang dapat menyehatkan gigi masyarakat, tapi juga menyisipkan pesan memerdekakan senyum bagi kaum marjinal seperti pemulung .

Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih memiliki sejumlah keistimewaan dari segi kandungan maupun kemasannya. Dari sisi warna, produk ini hadir dengan warna pasta merah dan putih yang dilengkapi kalsium, fluoride, serta zinc. Sementara desain kemasannya menggambarkan pahlawan senyum dari seluruh Indonesia yang melambangkan persatuan bangsa Indonesia. ( )

Satu hal lagi, untuk pertama kalinya di Tanah Air, Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih hadir dengan kemasan bijak plastik di mana 100% kemasan karton maupun tube-nya dapat didaur ulang.

Seiring dengan peluncuran produk edisi terbatas kali ini, Pepsodent juga menyoroti kehidupan para pemulung yang dianggap sebagai pahlawan kelestarian lingkungan karena pekerjaan mereka terkait langsung dengan pengelolaan sampah.

" Pemulung adalah pahlawan kelestarian lingkungan. Mereka bekerja tidak kenal waktu, dari subuh sampai sore. Belum lagi pekerjaan mereka berhubungan langsung dengan sampah. Mereka juga harus bisa memilah, kemudian membersihkan sampah, dan mengepaknya agar lebih gampang dijual," kata Nurdiana Darus, Head of Corporate Affairs & Sustainability Unilever Indonesia, dalam Peluncuran Virtual Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih, kemarin (10/8).

Menurut Nurdiana, kehidupan 4 juta lebih pemulung di Indonesia sangat terpukul akibat pandemi. Dari sisi kesejahteraan, penghasilan mereka jelas berkurang drastis gara-gara menurunnya harga jual sampah akibat berbagai keterbatasan.

"Selain itu, mereka berisiko tinggi terpapar virus COVID-19 di antara timbunan sampah yang dihadapi setiap hari. Sudah sepatutnya kita memfasilitasi mereka dengan perlindungan diri yang memadai sehingga dapat terus berkontribusi sembari memenuhi kebutuhan untuk menyambung hidup," katanya.

Melalui kolaborasi dengan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI), Pepsodent bakal mendonasikan 2,5% dari laba penjualan produk Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan para pemungut sampah itu beserta keluarga mereka. Selain lewat pembelian produk, konsumen juga dapat berdonasi melalui Kitabisa.com, yang nominalnya bakal digandakan dua kali lipat oleh Pepsodent. Pengumpulan donasi dilakukan hingga 31 Oktober 2020.

Bantuan yang terkumpul akan disalurkan dalam bentuk paket kesehatan dan kebersihan, terdiri dari alat perlindungan diri seperti masker kain, sepatu boots, serta hand sanitizer. Rangkaian produk Pepsodent pun bakal disertakan untuk menunjang kesehatan gigi dan mulut mereka. ( )

“Tak hanya dari sisi kesehatan , untuk membantu kesejahteraan para pemulung , Pepsodent juga menyediakan sejumlah mesin press sampah plastik yang akan sangat membantu meningkatkan nilai ekonomis sampah plastik yang dijual pemulung kepada para pengepul sampah,” timpal Fiona Anjani Foebe, Head of Oral Care Marketing Unilever Indonesia.

Sebagai langkah lanjutan, Pepsodent tak ketinggalan akan memberikan pemeriksaan serta perawatan gigi dan mulut gratis untuk para pemulung beserta keluarganya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2762 seconds (0.1#10.140)