Seorang Netizen Bikin Lego Ibu Aa Kasihan Aa, Auto Kena Kritik Massal

Rabu, 17 Januari 2024 - 08:30 WIB
loading...
Seorang Netizen Bikin Lego Ibu Aa Kasihan Aa, Auto Kena Kritik Massal
Seorang netizen membuat mainan lego terinspirasi dari sosok ibu pengemis asal Bogor, Jawa Barat, yang terkenal dengan nyanyian Aa Kasihan Aa. Foto/TikTok @sundayzsundayz
A A A
JAKARTA - Seorang netizen membuat mainan lego terinspirasi dari sosok ibu pengemis asal Bogor, Jawa Barat, yang terkenal dengan nyanyian "Aa Kasihan Aa". Keberadaan mainan itu langsung dikritik karena dianggap kurang peka.

Mainan lego itu diunggah oleh akun Instagram @folkshit dengan caption yang cukup mengundang netizen berkomentar. "Ga habis pikir. Ada Lego Special Edition ibu "Aa kasihan Aa" dong," tulis akun Instagram @folkshitt, dikutip Rabu (17/1/2024).

Padahal sejatinya ibu "Aa Kasihan Aa" punya cerita yang miris setelah diungkap kisah yang ada di belakangnya. Ibu "Aa Kasihan Aa" yang ternyata bernama Ibu Mbal itu ternyata hidup bersama suaminya yang tuna rungu.



Suami Ibu Mbal sangat sayang pada istrinya. Namun, sedihnya tuduhan demi tuduhan justru sudah beredar luas di dunia maya. Ibu Mbal dituduh berpura-pura jadi orang miskin padahal kaya.

Netizen bahkan merundung Ibu Mbal secara virtual dengan membuat banyak gimmick yang kurang peka seperti membuat lagu dan video editan. Termasuk membuat mainan lego Ibu Mbal yang diunggah oleh akun Instagram @folkshit.

Penelusuran tentang mainan tersebut pertama kali diunggah oleh pemilik akun TikTok @sundayzsundayz. Akun itu memang sangat menyukai mainan dan kerap membuat mainan yang terinspirasi dari sosok yang tengah dibicarakan oleh masyarakat.

Beberapa mini figure yang pernah dibuat @sundayzsundayz adalah Ivan Gunawan, Reza Arab, Windah Basudara, hingga tiga kandidat capres dan cawapres. Mini figure buatan @sundayzsundayz selalu mendapat respons positif karena kreativitasnya.



Sayang @sundayzsundayz justru dikritik di Instagram karena membuat mini figure Ibu Mbal. Banyak netizen menyudutkan mainan tersebut karena dianggap menunjukkan ketidakpekaan. Apalagi Ibu Mbal adalah sosok marjinal yang seharusnya dibantu oleh mereka yang peduli.

"Kalau orang miskin apakah kita bebas untuk merendahkan dan menjadikan mereka bahan olok-olok. Ini sudah enggak lucu sih," komentar akun Instagram @agungteguhnugroho.

"Enggak lucu lho, sumpah kreatif boleh tapi rasa kemanusiaannya kemana," kritik @nuranggarenisetiati.

"Kasihan kita semua, yang tak pandai jaga kehormatan orang lain. Kira-kira kuat bro mempertanggungjawabkannya nanti di hadapan Allah," kata @asshoydaliya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2694 seconds (0.1#10.140)