Masuk Hagia Sophia Turki Tidak Lagi Gratis, Wajib Bayar Tiket Masuk Rp425 Ribu

Rabu, 17 Januari 2024 - 17:25 WIB
loading...
Masuk Hagia Sophia Turki Tidak Lagi Gratis, Wajib Bayar Tiket Masuk Rp425 Ribu
Hagia Sophia di Turki kini tidak lagi gratis untuk wisatawan. Sebab wisatawan akan asing dikenakan tiket masuk untuk mengunjungi destinasi wisata di Istanbul. Foto/Getty Images
A A A
TURKI - Hagia Sophia di Turki kini tidak lagi gratis untuk wisatawan. Sebab sejak Senin, 15 Januari 2024, wisatawan asing akan dikenakan tiket masuk untuk mengunjungi destinasi wisata yang berada di Istanbul tersebut.

Dilansir dari VN Express, Rabu (17/1/2024), adapun tiket masuk Hagia Sophia yang harus dibayar wisatawan sebesar 25 Euro atau setara dengan Rp425 ribu per orang.

Selain itu, wisatawan asing yang akan mengunjungi masjid bekas katedral itu akan diarahkan di pintu samping. Sedangkan pintu masuk utama kini diperuntukkan bagi warga Turki.

Tiket tersebut sudah termasuk akses ke terowongan terbuka. Di mana wisatawan dapat mengunjungi Hagia Sophia tanpa mengganggu salat. Biaya tiket masuk ini pun membuat sejumlah wisatawan terkejut.

Masuk Hagia Sophia Turki Tidak Lagi Gratis, Wajib Bayar Tiket Masuk Rp425 Ribu

Foto/Live and Let's Fly





Bahkan, hanya beberapa wisatawan yang membayar tiket masuk pada hari pertama peraturan tersebut resmi diberlakukan. "Kemarin gratis (wisatawan) kaget," kata seorang petugas yang mengarahkan pengunjung lewat.

Menurut petugas tersebut, wisatawan Muslim non-Turki juga wajib membayar tiket masuk, bahkan jika mereka ingin salat. Namun, warga Turki yang ingin mengunjungi Hagia Sophia untuk tujuan ibadah tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Di sisi lain, tiket masuk tersebut memberikan akses ke galeri lantai atas dan museum di situs Warisan Dunia Unesco yang menjadi magnet bagi wisatawan. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki Mehmet Nuri Ersoy mengumumkan langkah baru ini pada Oktober lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)