Jangan Asal-asalan! Ini Urutan Mandi yang Benar

Rabu, 17 Januari 2024 - 16:35 WIB
loading...
Jangan Asal-asalan! Ini Urutan Mandi yang Benar
Urutan mandi yang benar sangat berpengaruh pada kebersihan dan kesehatan tubuh. Sebaliknya, mandi dengan cara yang asal-asalan menyebabkan tubuh tidak bersih. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Urutan mandi yang benar sangat berpengaruh pada kebersihan dan kesehatan tubuh. Sebaliknya, mandi dengan cara yang asal-asalan menyebabkan tubuh tidak bersih.

Pada dasarnya, mandi merupakan rutinitas membersihkan tubuh dari kotoran dan kuman yang membantu menjaga imunitas kulit. Kebanyakan orang Indonesia mandi satu hingga dua kali sehari. Di waktu pagi sebelum beraktivitas dan sore atau malam setelah seharian beraktivitas.

Meski sama-sama mandi, setiap orang memiliki urutan mandi yang berbeda-beda. Ada yang memilih pakai sabun dulu baru keramas, ada pula yang keramas dulu lalu sabunan.

Tidak ada yang salah dengan urutan tersebut. Tetapi, dengan melakukan urutan mandi yang benar, daki dan kotoran bisa dibersihkan dengan tuntas serta risiko terjadinya masalah kulit menurun.

Lantas, bagaimanakah urutan mandi yang benar?



1. Sesuaikan Suhu Air

Sebenarnya, pemilihan suhu air tergantung kebiasaan. Kalau Anda terbiasa dan nyaman mandi dengan air dingin, tidak masalah. Namun, kalau kamu sering mandi dengan air hangat, pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas karena dapat menyebabkan kulit terbakar. Paling aman, gunakanlah air dengan suhu suam-suam kuku. Hindari durasi mandi yang terlalu lama karena bisa memicu kulit terlalu kering.

2. Keramas atau Mencuci Rambut

Setelah menemukan suhu air yang pas dan membasuh seluruh tubuh, Anda bisa melakukan keramas atau mencuci rambut . Hal ini dilakukan agar residu pada shampo bisa ikut dibersihkan oleh sabun pada tahap mandi selanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)