9 Hal Mengejutkan yang Bisa Menyebabkan Kanker, dari Teh Panas hingga Alat Kontrasepsi

Kamis, 18 Januari 2024 - 10:37 WIB
loading...
9 Hal Mengejutkan yang Bisa Menyebabkan Kanker, dari Teh Panas hingga Alat Kontrasepsi
Teh panas menjadi salah satu penyebab kanker. Foto/ getty
A A A
JAKARTA - Kanker adalah penyakit yang mengerikan dan kita semua harus melakukan apa yang kita bisa untuk menghindari penyakit itu.

Meski kanker merupakan salah satu pembunuh terbesar populasi manusia, penyakit ini tidak selalu merupakan penyakit yang tidak dapat dihindari.



Ada hal-hal dalam kehidupan sehari-hari yang dapat Anda hindari untuk mengurangi peluang Anda terkena kanker.

Di satu sisi, kita semua tahu bahwa hal-hal seperti merokok menempatkan Anda pada posisi yang buruk. Di sisi lain, ada hal-hal mengejutkan dalam rutinitas kita sehari-hari yang tidak disadari oleh kebanyakan orang yang dapat membahayakan kesehatan kita di masa depan. Dikutip starsinsider pada Kamis (18/1/2023), berikut ulasannya.

Aktivitas yang Bisa Menyebabkan Kanker

1. Duduk lama

Waspada jika duduk terlalu lama. Berkurangnya aktivitas fisik terbukti meningkatkan risiko kanker paru-paru, usus besar dan payudara. Ada juga hubungan antara olahraga dan penurunan risiko kanker.

2. Tinggi badan

Tidak banyak yang bisa dilakukan dengan tinggi badan. Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa untuk setiap tinggi badan 10 cm (4 inci), risiko kanker meningkat sebesar 10%.

Para ilmuwan tidak yakin mengapa hal ini terjadi. Bisa jadi orang bertubuh tinggi hanya memiliki lebih banyak sel sehingga lebih besar kemungkinan salah satu selnya bermutasi.

3. Struk belanja

Pada 2010, sebuah penelitian menemukan bahwa sebagian besar struk belanja menggunakan bahan kimia yang disebut bisphenol-A. Ini adalah bahan kimia hormon yang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker. Jadi pertimbangkan untuk tidak meminta tanda terima atau pilih yang digital.

4. Asap panggangan

Jika Anda mengadakan acara barbekyu, pertimbangkan untuk mengenakan masker saat Anda berada di dekat asap. Hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dapat diserap melalui kulit dan terhirup melalui asap. PAH meningkatkan risiko kanker pada manusia.

5. Teh panas

Jika Anda menyukai secangkir teh yang membuat Anda bersemangat, pastikan Anda mendinginkannya terlebih dahulu. Teh yang sangat panas dikaitkan dengan kanker kerongkongan.

6. Implan payudara

Risiko kanker sedikit lebih tinggi bagi orang yang menggunakan implan payudara. Mereka meningkatkan risiko limfoma sel besar anaplastik.

7. Ikan yang diawetkan dengan garam

Ikan yang diawetkan dengan garam bisa mengandung nitrat yang sangat tinggi. Nitrat bereaksi dengan protein menghasilkan nitrosamin. Ini dapat merusak DNA dan meningkatkan risiko kanker nasofaring.


8. Alat Kontrasepsi

Para peneliti menemukan bahwa pil kontrasepsi meningkatkan peluang wanita terkena kanker serviks. Semakin lama Anda menggunakannya, semakin besar risikonya.

9. Berat badan

Memiliki berat badan yang lebih tinggi secara signifikan meningkatkan kemungkinan terkena kanker. Orang yang kelebihan berat badan menghadapi risiko dua kali lipat terkena kanker perut, hati, ginjal, dan kerongkongan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)