4 Tips Merebus Telur agar Mudah Dikupas, Dijamin Mulus Sempurna!

Kamis, 18 Januari 2024 - 14:29 WIB
loading...
4 Tips Merebus Telur agar Mudah Dikupas, Dijamin Mulus Sempurna!
Merebus telur tidak semudah yang dibayangkan, nyatanya merebus telur susah-susah gampang. Foto/ toiimg
A A A
JAKARTA - Merebus telur tidak semudah yang dibayangkan, memasukan telur ke dalam air hingga mendidih dalam kurun waktu terentu sesuai tingkat kematangan. Tapi, nyatanya merebus telur susah-susah gampang.

Butuh tips dan trik khusus untuk menghindari kulit telur retak saat direbus. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan telur rebus yang utuh sempurna.



Cara mengetahui telur rebus sudah matang atau belum menjadi penting untuk diketahui. Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (18/1/2024), berikut ulasannya.

Tips Merebus Telur

1. Didihkan Air Lebih Dahulu

Tahukah Anda, memasukkan telur pada air yang belum mendidih dalam panci ternyata membuat putih telur jadi melekat kuat pada kulit, sehingga Anda akan kesulitan membukanya nanti.

Nah, tips pertama yang perlu Anda terapkan agar telur rebus mulus sempurna saat kulitnya dikupas adalah dengan mendidihkan air rebusannya terlebih dahulu, baru masukkan telur ke dalamnya. Dengan begitu, warna telur rebus akan lebih merata.

2. Simpan Telur pada Suhu Ruang

Jika Anda mengambil telur dari kulkas, simpan terlebih dahulu telur di suhu ruang. Suhu telur yang terlalu dingin akan memengaruhi hasil akhir tekstur telur rebus. Namun, jika Anda menyimpannya di luar kulkas, Anda bisa langsung merebusnya.

3. Gunakan Sutil

Tips selanjutnya agar telur tidak pecah saat dimasukan ke dalam panci, Anda bisa menggunakan sutil saringan minyak atau serok.

Tempatkan beberapa telur ke atas sutil lalu simpan perlahan di dalam panci yang sudah mendidih.

Kecilkan api terlebih dahulu saat memasukkan telur. Kemudian naikkan lagi api setelah telur masuk semua ke dalam panci.


4. Masukkan ke air es

Selama telur direbus, siapkan air es atau air dingin. Angkat telur yang sudah direbus sesuai tingkat matang yang diinginkan, lalu langsung masukkan ke dalam air es.

Air es akan membantu telur lebih mengeras di bagian dalam, hingga teksturnya lebih sempurna. Telur juga akan lebih mudah untuk dikupas. Setelah itu kupas kulit telur dengan hati-hati agar bagian putihnya tetap mulus.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2075 seconds (0.1#10.140)