5 Ustaz Terkaya di Indonesia, Ustaz Solmed hingga Habib Usman

Kamis, 18 Januari 2024 - 17:25 WIB
loading...
5 Ustaz Terkaya di Indonesia, Ustaz Solmed hingga Habib Usman
Ustaz terkaya di Indonesia kerap diidentikkan dengan kepopuleran mereka. Foto/Instagram Ustaz Solmed
A A A
JAKARTA - Ustaz terkaya di Indonesia kerap diidentikkan dengan kepopuleran mereka. Beberapa pendakwah memang dikenal sebagai ustaz kondang yang kerap diundang berceramah di mana-mana dan difavoritkan oleh masyarakat.

Dari kepopuleran ini, kehidupan pribadi sejumlah ustaz pun sering kali menjadi konsumsi publik. Salah satu yang disorot adalah harta mereka yang dimanifestasikan dalam bentuk rumah mewah dan tanah yang luas.

Kanal YouTube Hiburan Populer pernah mengangkat hal tersebut. Dikatakan di sana bahwa setidaknya ada lima ustaz terkaya dan populer di Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya menurut saluran YouTube tersebut, dikutip Kamis (18/1/2023).


Ustaz Terkaya di Indonesia

1. Ustaz Abdul Somad

Ustaz terkaya di Indonesia yang pertama adalah Ustaz Abdul Somad (UAS). UAS disebut-sebut memiliki kekayaan melimpah dari kegiatan dakwahnya ke banyak tempat. Selain itu, UAS juga mendapat pemasukan dari adsense di saluran YouTubenya.

Meski memiliki harta berlimpah, UAS tetap tampil bersahaja. Rumahnya cukup dibangun dengan konsep minimalis nan sederhana dan nyaris tanpa barang-barang mewah. UAS juga pernah dihadiahi mobil supermahal, namun harta bendanya itu digunakan untuk kepentingan dakwah dan syiar agama Islam.

2. Ustaz Solmed

Ustaz Solmed belum lama ini menjadi sorotan lantaran kerap mengekspos rumahnya yang supermewah di media sosial. Rumah bergaya Timur Tengah itu sangat luas dengan ruang-ruang yang fungsional dan didesain mewah. Fasilitasnya pun lengkap bak sebuah resor. Rumah ustaz bernama lengkap Soleh Mahmud itu ditaksir memiliki harga Rp24 miliar.

Kekayaan Ustaz Solmed rupanya tak hanya didapatkan dari kegiatan ceramah. Sebab, ia juga memiliki sejumlah bisnis.

3. Ustaz Riza Muhammad

Ustaz Riza memiliki rumah yang berdiri di atas tanah seluas 2.000 meter persegi. Lingkungan hunian suami Indri Giana itu dipenuhi pepohonan besar dan rindang. Konsepnya perpaduan antara gaya Eropa, India, dan Timur Tengah dengan desain minimalis serta sedikit sentuhan Victorian.

Saking luas tanah yang dimilikinya, Ustaz Riza Muhammad bahkan berencana membangun pesantren dan gedung majelis taklim di lingkungan huniannya itu.


4. Habib Usman Bin Yahya

Habib Usman dan sang istri, Kartika Putri, memiliki rumah di kawasan Puncak, Bogor, yang ditaksir berharga Rp40 miliar. Rumah tiga lantai itu dibangun dengan konsep vila dengan ruang-ruang yang luas dan fungsional. Sementara interiornya didesain sangat cantik dengan aneka furnitur mewah yang memiliki harmoni warna yang mempesona.

Selain menjadi penceramah, Habib Usman juga dikenal sebagai pimpinan sebuah majelis taklim yang ada di kawasan Cisarua, Bogor. Sejak menikah dengan Kartika Putri, Habib Usman juga aktif di media sosial dan menerima endorsement.

5. Ustaz Adi Hidayat

Rumah Ustaz Adi cukup besar dan bergaya modern. Beberapa sudut interiornya tampak dihiasi wallpaper. Rumah ini didominasi warna putih hingga terkesan bersih dan lapang.

Ustaz Adi Hidayat mengonsep ruang tengah di rumahnya dengan gaya terbuka yang menampung beberapa area tanpa diberi sekat dinding. Di rumah ini juga terdapat ruang kerja Ustaz Adi plus ruang olahraga tenis meja.

Ustaz Adi sendiri tak pernah mematok harga untuk mengundangnya berceramah. Ia bahkan sedih ketika usai berceramah harus dihadapkan dengan amplop berisi uang dalam jumlah besar. Namun, berkat keikhlasannya, sang ustaz bisa memiliki kehidupan yang sejahtera dan berkah. Sama seperti empat ustaz yang disebutkan sebelumnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2473 seconds (0.1#10.140)