5 Bahaya Tak Pakai Sunscreen saat di Luar Ruangan, dari Penuaan Dini hingga Kanker Kulit

Senin, 22 Januari 2024 - 19:30 WIB
loading...
5 Bahaya Tak Pakai Sunscreen saat di Luar Ruangan, dari Penuaan Dini hingga Kanker Kulit
Sunscreen mampu menangkan sinar UVB saat beraktivitas di luar ruangan. Tanpa tabir surya, bisa menyebabkan kerusakan kulit. Foto/ coola
A A A
JAKARTA - Belum lama ini sosial media dihebohkan dengan razia kosmetik di salah satu sekolah SMA di Kalimantan. Tak hanya kosmetik, salah satu produk skincare juga ikut disita dengan cara dihancurkan dan isinya dibuang.

Peristiwa ini sontak membuat netizen geleng-geleng kepala. Apalagi, sunscreen merupakan salah satu skincare yang bisa digunakan sejak usia remaja untuk menjaga kulit dari paparan matahari.



Dilansir Coola, sunscreen atau tabir surya merupakan produk skincare yang mampu menangkan sinar UVB saat beraktivitas di luar ruangan. Tanpa tabir surya, kulit rentan terhadap sinar UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan kerusakan kulit.

Untuk itu, penting menggunakan sunscreen terutama di usia remaja dan mulai sering beraktivitas di luar rumah. Ada beberapa risiko dan bahayanya bila tak mengenakan sunscreen dan terpapar langsung sinar matahari.

Seperti apa bahaya bila tidak mengenakan sunscreen khususnya saat berkegiatan di luar ruangan? Berikut informasinya dilansir Color Science, Senin (22/1/2024).

Bahaya Tak Pakai Sunscreen di Luar Ruangan

1. Penuaan Dini

Paparan sinar matahari berulang kali juga dapat menyebabkan penuaan dini. Jika Anda tidak melindungi diri saat berada di luar ruangan, garis-garis, kerutan, noda, dan bintik-bintik dapat membuat Anda tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Hal ini terutama berlaku pada area seperti wajah dan dada yang paling sering terkena sinar matahari. Jika ingin mencegah penuaan dini, memakai tabir surya penting dilakukan.

Tabir surya dapat melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB, membantu mencegah kerutan, bintik-bintik penuaan, dan banyak lagi.

2. Terbakar Matahari

Salah satu konsekuensi paling umum dari tidak memakai tabir surya adalah kulit terbakar. Hanya dalam waktu 20-30 menit kulit Anda bisa mengalami sunburn bila tidak mengenakan sunscreen.

Luka bakar akibat sinar matahari yang sangat parah juga dapat menyebabkan lecet. Perlu diingat bahwa sengatan matahari berulang kali dapat menimbulkan risiko kesehatan jangka panjang.

3. Perubahan Warna Kulit

Tak memakai sunscreen saat aktivitas di luar ruangan juga meningkatkan peluang terjadinya perubahan warna kulit. Paparan sinar matahari yang berulang-ulang dapat menyebabkan kerusakan kulit berupa bintik hitam yang kadang disebut bintik penuaan. Ini karena meningkatkan produksi melanin.

Di sisi lain, ada beberapa situasi di mana paparan sinar matahari terus-menerus dapat menyebabkan produksi melanin tidak merata dan kerusakan permanen, sehingga menimbulkan bintik hitam yang sulit dihilangkan.

4. Kulit Kering dan Kasar

Satu lagi bahaya tak menggunakan sunscreen saat kegiatan di luar ruangan ialah membuat kulit kering dan kasar. Paparan sinar matahari yang berulang-ulang dapat menyebabkan kulit Anda mengering.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2326 seconds (0.1#10.140)