Bukan Cuma Alkohol, 7 Hidangan Ini Juga Berbahaya buat Organ Hati

Jum'at, 26 Januari 2024 - 06:06 WIB
loading...
Bukan Cuma Alkohol, 7 Hidangan Ini Juga Berbahaya buat Organ Hati
Ada banyak makanan ataupun minuman yang bisa membahayakan kesehatan organ hati dan masih dikonsumsi sehari-hari. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi alkohol sering disebut dapat membahayakan kesehatan hati. Namun, pada kenyataannya ada banyak makanan ataupun minuman yang juga bisa membahayakan kesehatan organ hati dan masih dikonsumsi sehari-hari, contohnya makanan tinggi gula dan olahan daging.

Sayang, masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak tahu makanan apa saja yang dapat merusak hati. Hal ini tidak boleh disepelekan. Mulailah memperhatikan asupan yang dimakan sehari-hari.

Sebab, menjaga kesehatan hati sangat penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan. Hati memainkan peran penting dalam detoksifikasi, metabolisme, dan penyimpanan nutrisi.



Untuk itu, mengutip laman Times of India, Jumat (26/1/2024), berikut ulasan tentang 7 makanan ataupun minuman yang bisa merusak organ hati.

1. Minuman dengan Pemanis yang Tinggi

Minuman dengan pemanis tinggi, seperti soda dan minuman energi, mengandung fruktosa, sejenis gula yang jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD). Fruktosa berlebih diubah menjadi lemak, yang terakumulasi di hati, berpotensi menyebabkan peradangan dan kerusakan hati.

2. Makanan Olahan dan Kemasan

Banyak makanan olahan, termasuk makanan ringan, keripik, dan makanan cepat saji, mengandung banyak lemak trans, gula rafinasi, serta garam berlebihan. Bahan-bahan ini berkontribusi terhadap penambahan berat badan dan dapat menyebabkan resistensi insulin, mendorong perkembangan NAFLD dan masalah terkait hati lainnya.

3. Daging Merah dan Daging Olahan

Pola makan tinggi daging merah dan daging olahan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit hati. Daging olahan sering kali mengandung bahan tambahan dan pengawet yang dapat berbahaya, sedangkan tingginya kadar lemak jenuh pada daging merah dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan hati.

4. Makanan Tinggi Garam

Pola makan tinggi natrium dapat menyebabkan retensi cairan dan peningkatan tekanan darah, yang keduanya merugikan kesehatan hati. Penyakit hati kronis seperti sirosis, bisa diperburuk oleh asupan garam yang berlebihan.


5. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan seperti yang terdapat pada roti putih, pasta, ataupun nasi, memiliki indeks glikemik yang tinggi dan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dengan cepat. Hal ini bisa berkontribusi terhadap resistensi insulin dan perkembangan penyakit hati berlemak seiring berjalannya waktu.

6. Produk Susu

Produk susu tertentu yang tinggi lemak, terutama yang mengandung lemak jenuh, dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan hati. Moderasi adalah kuncinya, karena konsumsi produk-produk ini secara berlebihan dapat meningkatkan risiko komplikasi terkait hati.

7. Makanan Kaleng

Makanan kaleng sering kali mengandung bahan pengawet dan bahan kimia tambahan dalam jumlah tinggi. Lapisan pada banyak kaleng juga mengandung bisphenol A (BPA), senyawa yang dapat menyebabkan masalah hati jika dikonsumsi berlebihan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)