9 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Kamis, 25 Januari 2024 - 23:58 WIB
loading...
9 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Risiko Penyakit Jantung
Selain bermanfaat bagi orang lain, donor darah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pendonor. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Donor darah merupakan kegiatan sukarela di mana seseorang menyumbangkan sebagian darahnya untuk keperluan medis. Darah yang disumbangkan akan digunakan untuk membantu pasien yang membutuhkan, seperti pasien operasi, kecelakaan, penyakit, dan ibu hamil.

Selain bermanfaat bagi orang lain, donor darah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pendonor. Berikut adalah beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan.

Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

1. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Donor darah secara rutin dapat membawa manfaat luar biasa karena bisa meningkatkan aliran darah, mengurangi risiko penyumbatan arteri, bahkan memberikan perlindungan hingga 88 persen dari serangan jantung.


2. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Ketika Anda mendonorkan darah, tubuh merespons dengan memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang telah disumbangkan. Hal ini dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah, terutama bagi orang yang memiliki anemia.

3. Mengurangi Kekentalan Darah dalam Tubuh

Manfaat selanjutnya dari mendonorkan darah adalah dapat mengurangi kekentalan darah, yang merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Hal ini dikarenakan donor darah dapat membantu tubuh dalam membuang kelebihan zat besi, yang dapat menyebabkan oksidasi kolesterol.

4. Menurunkan Tingkat Kolesterol di dalam Tubuh

Manfaat donor yang tak kalah penting adalah dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Menurut sejumlah penelitian, mendonorkan darah dapat membantu mengurangi kadar LDL (kolesterol "jahat") seiring dengan berjalannya waktu pendarahan.

5. Dapat Mendeteksi Penyakit Serius

Sebelum melakukan donor darah, langkah penting yang harus diambil adalah memeriksa kondisi darah. Pemeriksaan ini tidak hanya dapat mendeteksi penyakit serius seperti HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, dan malaria, tetapi juga mendeteksi berbagai penyakit secara dini melalui pemeriksaan darah rutin.

6. Bantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang mencari cara untuk menurunkan berat badan, secara teratur mendonorkan darah bisa menjadi salah satu langkah yang dapat diambil. Hal ini karena rata-rata orang dewasa bisa membakar sekitar 650 kalori saat mereka mendonorkan 450 ml darah.


7. Menurunkan Kelebihan Zat Besi

Meskipun zat besi dalam jumlah normal penting sebagai penyusun sel darah merah, namun jumlah yang berlebihan bisa menjadi beban berat bagi organ-organ vital seperti liver, pembuluh darah, dan jantung. Melalui kegiatan donor darah, penurunan tingkat zat besi berlebih dapat mencegah risiko penyakit pada organ-organ tersebut.

8. Mengurangi Risiko Kanker

Paparan radikal bebas dalam tubuh diidentifikasi sebagai pemicu utama sel kanker. Hal ini karena terjadi radikal bebas cenderung mengumpul dalam peredaran darah. Dengan melakukan kegiatan donor darah, risiko kanker, termasuk kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan tenggorokan, dapat diminimalkan.

9. Menjaga Kesehatan Mental

Terakhir, manfaat yang akan didapat dari kegiatan donor adalah dapat meningkatkan kesehatan mental melalui rasa bahagia yang dihasilkan dari membantu orang lain. Aktivitas ini juga bisa merangsang pelepasan hormon endorfin yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood secara keseluruhan.

Dengan melakukan donor darah secara rutin, Anda tidak hanya memberikan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan, tetapi juga menjaga kesehatan diri Anda sendiri. Meskipun demikian, perlu diingat untuk melakukan persiapan dengan baik sebelum menjalani proses donor darah. MG/Dinda Amelia Putri
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)