alexametrics

5 Cara Mengatasi Rambut Lepek

loading...
5 Cara Mengatasi Rambut Lepek
Rambut berminyak dan lepek menjadi masalah bagi wanita. Hal ini membuat mereka tak pede. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Rambut berminyak dan lepek tentu dapat merusak penampilan hingga menimbulkan rasa tidak nyaman hingga tak pede.

Untuk menyingkirkan minyak dari kulit kepala, Anda dapat mencuci rambut. Hanya saja cara ini sering kali dapat menyebabkan rambut lebih lepek jika dilakukan terlalu sering.

Nah, sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan dry shampoo yang ampuh hilangkan rambut lepek dalam waktu singkat. Tak usah khawatir jika tak memilikinya, ada produk lainnya yang ampuh atasi rambut lepek yang bisa Anda coba. Berikut ulasannya seperti dikutip Sociolla.

1. Hand sanitizer
Tak hanya berguna untuk tangan, hand sanitizer juga dapat menjadi produk yang Anda gunakan untuk mengatasi masalah rambut lepek. Tuangkan sedikit hand sanitizer pada akar rambut dan pijat hingga mengering.

Hand sanitizer mengandung fragrance yang dapat membuat rambut menjadi wangi dan alkohol yang dapat membunuh bakteri sekaligus membuang kelebihan minyak pada kulit kepala. Namun cara ini tidak dianjurkan bagi kulit sensitif.

2. Hair mousse
Hair mousse biasa digunakan untuk menata rambut dalam kondisi lembap dan rambut berminyak dalam kondisi kering. Penggunaan hair mousse bertujuan untuk menambahkan volume pada rambut yang lepek.

Cara menggunakannya cukup dengan mengeluarkan sedikit isi produk pada tangan, lalu ratakan mulai dari akar rambut hingga ujung rambut. Setelah rambut menjadi sedikit lembap karena produk, keringkan rambut dengan menggunakan blow dryer sebentar saja.

3. Blotting paper
Blotting paper yang biasa Anda gunakan untuk menyerap minyak di wajah ini juga bisa digunakan untuk menyerap minyak di kulit kepala dan rambut. Cara menggunakannya pun mudah. Bagi rambut menjadi beberapa bagian, lalu serap minyak pada kulit kepala dan akar rambut dengan cara ditekan-tekan.

Ukuran blotting paper yang kecil dan mudah dibawa-bawa menjadikan produk ini cocok digunakan saat darurat. Jika Anda sedang tidak membawa blotting paper, Anda juga dapat menggunakan paper towel atau kertas toilet

4. Mineral powder
Sama dengan menggunakannya pada wajah, mineral powder atau bedak juga dapat berfungsi untuk menyerap kelebihan minyak pada kulit kepala. Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah yaitu dengan menaburkan sedikit bedak pada garis rambut.

Setelah itu, ratakan dengan paddle brush hingga tidak ada sisa bedak yang terkumpul di rambut. Saat memilih bedak untuk rambut, pastikan untuk memilih bedak yang translucent.

5. Parfum
Penggunaan parfum pada rambut juga dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki rambut lepek dan tidak sempat keramas. Selain dapat menutupi aroma rambut yang belum dicuci, parfum juga dapat mengurangi tampilan berminyak pada rambut.

Karena parfum mengandung alkohol yang dapat merusak rambut dan membuat kulit kepala menjadi kering. Anda juga dapat menggunakan parfum dengan kandungan yang dapat menutrisi rambut seperti vitamin E, jojoba oil dan lidah buaya.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak