Nilai Microsoft Melonjak Rp47.000 Triliun, Lebih Besar dari PDB Prancis

Jum'at, 26 Januari 2024 - 14:31 WIB
loading...
Nilai Microsoft Melonjak Rp47.000 Triliun, Lebih Besar dari PDB Prancis
Microsoft menjadi perusahaan kedua yang bernilai melebihi PDB Prancis. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Microsoft menjadi perusahaan kedua yang bernilai USD3 triliun atau setara lebih Rp47. 000 triliun terdampak booming kecerdasan buatan membuat saham perusahaan ini melonjak lebih tinggi. Sebagai perbandingan, nilai pasar Microsoft sekarang lebih besar dari seluruh PDB Prancis dan hanya sedikit di bawah PDB Inggris.

Saham Microsoft naik hampir 1,5% menjadi sekitar USD405 per lembar saham pada hari Rabu sore, melampaui kapitalisasi pasar USD3 triliun dan bergabung dengan Apple sebagai satu-satunya perusahaan lain yang telah mencapai tonggak bersejarah tersebut.



Pada 2023, CEO perusahaan, Satya Nadella, melakukan investasi bernilai miliaran dolar di bidang AI, termasuk mengkomersialkan dan menambahkan alat AI seperti ChatGPT ke dalam rangkaian produknya di hadapan para pesaing. Dia bahkan memperkuat hubungan Microsoft dengan pembuat ChatGPT, OpenAI, pelopor utama dalam bidang kecerdasan buatan, selama pergantian dewan dan kepemimpinan di perusahaan yang lebih kecil akhir tahun lalu.

Setelah berada di belakang Apple selama dekade terakhir, Microsoft melampaui perusahaan tersebut untuk secara singkat menjadi perusahaan publik paling berharga di dunia pada awal Januari. Microsoft adalah bagian dari "Magnificent 7," sebuah kelompok saham yang terdiri dari Apple, Nvidia, Amazon, Alphabet, Meta, dan Tesla yang hampir secara sendirian mendorong pasar ke level tertinggi dalam beberapa minggu terakhir.

Melansir CNN, Microsoft sendiri memiliki 7,3% dari S&P 500. Bersama-sama, ketujuh saham ini memiliki kapitalisasi pasar yang lebih besar daripada seluruh pasar saham negara mana pun kecuali Amerika Serikat. Pada minggu lalu, Nvidia dan Microsoft menyumbang sekitar 75% dari kenaikan S&P 500 tahun ini, menurut analis di Bespoke Investment Group.



Dalam sebuah catatan, analis Morgan Stanley mengatakan bahwa mereka melihat permainan Microsoft untuk AI semakin kuat dan menaikkan target harga saham menjadi USD450 dari USD415. Analis Bank of America juga menaikkan target mereka menjadi USD450 per saham, memprediksi lebih banyak pertumbuhan untuk perusahaan yang berbasis di Washington pada kuartal ini.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)