Waspada Bahaya Tidur Bareng Hewan Peliharaan, Picu Diare hingga Infeksi

Sabtu, 27 Januari 2024 - 14:30 WIB
loading...
Waspada Bahaya Tidur Bareng Hewan Peliharaan, Picu Diare hingga Infeksi
Bahaya tidur bareng hewan peliharaan harus diwaspadai, khususnya bagi kesehatan anak. Ada beberapa risiko kesehatan dan keselamatan yang perlu dipertimbangkan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Bahaya tidur bareng hewan peliharaan kesayangan harus diwaspadai, khususnya bagi kesehatan anak. Meskipun banyak orang yang merasa nyaman dengan kehadiran hewan peliharaan di tempat tidur, ada beberapa risiko kesehatan dan keselamatan yang perlu dipertimbangkan.

Tak sedikit orang tua yang membiarkan anak tidur bareng hewan peliharaan , baik kucing atau anjing dan telah menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Hal ini bertujuan menjadi teman si kecil saat harus tidur sendiri di kamar.

Sayangnya, kebiasaan ini tidak disarankan oleh para ahli. Dokter spesialis anak, dr. Harun Albar, SpA M.kes mengatakan bahwa sebaiknya orang tua menghindari anak tidur bareng hewan peliharaan. Terlebih, jika memiliki risiko kesehatan seperti alergi.



"Apalagi kalau keluarga bapak ibu itu ada risiko alergi. Karena sebersih-bersihnya peliharaan, sudah diimunisasi, tapi risiko alergi terhadap bulu itu masih ada," kata dr Harun dikutip dari akun X pribadinya, Sabtu (27/1/2024).

Bahaya anak tidur dengan hewan peliharaan, dijelaskan dr Harun sangat beragam. Mulai dari rhinitis, sesak napas, dan kulit bisa terkena eksim maupun dermatitis.

"Apalagi kalau kucingnya nggak bersih, bisa infeksi virus, infeksi bakteri, dan diare," jelasnya.



Demi kesehatan anak, dr Harun menyarankan orang tua untuk menghentikan kebiasaan tidur bareng hewan peliharaan.

"Mending anak tetap tidur bareng orang tua. Kalau mau latih kemandirian, ya nggak harus sama peliharaan kan?" tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)