Beras Merah, Hitam, Coklat dan Putih, Mana yang Paling Sehat?

Minggu, 28 Januari 2024 - 06:00 WIB
loading...
Beras Merah, Hitam, Coklat dan Putih, Mana yang Paling Sehat?
Beras putih, coklat, merah dan hitam, mana yang lebih sehat? Foto/ times of india
A A A
JAKARTA - Nasi adalah makanan pokok dari banyak masyarakat di dunia. Namun, di balik kesederhanaan beras putih, coklat, merah dan hitam, mana yang lebih sehat?

Ada nutrisi tentang pengolahan, warna dan manfaat kesehatan dari beras tersebut. Anda pun bisa jelajahi perbedaan halus antara beras merah, hitam, coklat dan putih, yang pada akhirnya akan mengungkap jenis beras yang lebih unggul sebagai biji-bijian yang lebih sehat untuk dikonsumsi.



Dilansir times of india, berikut beragam jenis beras yang bisa Anda lihat manfaatnya dan menentukan yang paling sehat.

Beras Paling Sehat

1. Beras Putih

Beras putih, lambang kesederhanaan, dipoles hingga sempurna. Namun, proses alaminya menghilangkan nutrisi penting seperti serat, antioksidan dan vitamin. Dengan indeks glikemik yang tinggi, beras putih dengan cepat meningkatkan kadar gula darah. Meskipun porsi 100 gram hanya mengandung 68 kalori, kandungan nutrisinya masih jauh dari yang diharapkan.

2. Beras Merah

Beras merah, dinilai sebagai pahlawan gandum utuh, menghasilkan lebih banyak serat, protein dan beragam vitamin dan mineral.

Dengan indeks glikemik yang lebih rendah, membantu mengatur gula darah dan dapat mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung. Satu porsi 100 gram menyediakan 68 kalori yang sama tetapi dengan kandungan nutrisi yang tinggi.

3. Beras Coklat

Dengan warnanya yang coklat kemerahan, nasi merah mengandung antosianin, antioksidan kuat yang melawan peradangan dan menurunkan tekanan darah. Kaya akan zat besi dan seng, meningkatkan rasa kenyang dan membantu penurunan berat badan. Anehnya, ia mengandung lebih banyak kalori (455 per 100 gram) namun padat nutrisi, menjadikannya rumah nutrisi di piring.

4. Beras Hitam

Beras hitam dikenal sebagai beras terlarang atau beras ungu, keindahan gelap ini menonjol dengan komposisinya yang kaya antosianin, melindungi dari stres oksidatif dan peradangan.

Beras hitam kaya vitamin E dan zat besi, yang mendukung kesehatan jantung dan fungsi hati. Dengan indeks glikemik sedang, membuat Anda kenyang lebih lama, menghasilkan lebih banyak protein dan serat dibandingkan nasi putih.


Beras yang paling sehat

Nasi yang paling sehat adalah nasi hitam, disusul nasi merah, coklat dan putih. Namun, pilihan “terbaik” bergantung pada preferensi individu, kebutuhan makanan dan tujuan kesehatan.

Perhatikan ukuran porsi dan cara memasaknya, karena nasi padat kalori. Mencampur berbagai jenis nasi dapat memberikan simfoni nutrisi dan rasa, memastikan tambahan yang menyenangkan dan bergizi untuk diet seimbang Anda.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)
pixels