10 Olahraga yang Cocok untuk Penderita Diabetes, Jaga Gula Darah Terkendali

Minggu, 28 Januari 2024 - 21:15 WIB
loading...
10 Olahraga yang Cocok untuk Penderita Diabetes, Jaga Gula Darah Terkendali
Olahraga yang cocok untuk penderita diabetes bisa menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Aktivitas fisik ini terbukti meningkatkan sensitivitas insulin. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Olahraga yang cocok untuk penderita diabetes bisa bermanfaat menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Selain itu, aktivitas fisik ini juga terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, dan mendukung kesehatan jantung.

Penderita diabetes disarankan olahraga dengan intensitas yang sesuai dengan tingkat kebugaran dan kemampuan fisik pribadi, kemudian secara bertahap meningkatkan intensitasnya. Namun sebelum memulai, disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan keamanan dan kesesuaian dengan kondisi kesehatan.

Penting juga penderita diabetes monitor kadar gula darah sebelum dan sesudah olahraga untuk memahami bagaimana aktivitas tersebut mempengaruhi kondisi. Jangan ragu untuk berbicara dengan dokter atau pelatih kebugaran yang berpengalaman untuk mendapatkan panduan yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan.

Olahraga yang Cocok untuk Penderita Diabetes



Berikut olahraga yang cocok untuk penderita diabetes dilansir dari Times of India, Minggu (28/1/2024).



10 Olahraga yang Cocok untuk Penderita Diabetes, Jaga Gula Darah Terkendali

Foto/Infografis SINDOnews

1. Jalan Cepat


Jalan cepat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar gula darah, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Gabungkan hal ini ke dalam rutinitas harian Anda dengan berjalan cepat di sekitar lingkungan atau menggunakan treadmill. Lakukan jalan cepat selama 30 menit hingga satu jam.

2. Bersepeda


Bersepeda adalah latihan aerobik berdampak rendah yang membantu regulasi glukosa dan kesehatan jantung. Pertimbangkan bersepeda di luar ruangan atau menggunakan sepeda stasioner untuk kenyamanan. Bersepeda 30 menit per hari dianjurkan bagi mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi.

3. Latihan Kekuatan


Latihan kekuatan membangun massa otot, meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan metabolisme glukosa. Sertakan latihan beban tubuh atau gunakan resistance band, angkat beban, atau mesin gym. Lakukan latihan kekuatan selama 20-30 menit sehari selama tiga kali seminggu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)