11 Istilah dalam Dunia Gym yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

Senin, 29 Januari 2024 - 15:15 WIB
loading...
11 Istilah dalam Dunia Gym yang Perlu Diketahui, Apa Saja?
Ada beragam istilah dalam dunia gym yang menarik diketahui, khususnya bagi kamu yang masih terbilang pemula atau sekadar penasaran. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Ada beragam istilah dalam dunia gym yang menarik diketahui, khususnya bagi kamu yang masih terbilang pemula atau sekadar penasaran. Beberapa di antaranya seperti set, cooldown, dan reps.

Seiring kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat, sebagian dari mereka telah terbiasa untuk pergi ke pusat kebugaran atau gym. Namun, tempat seperti gym ini bisa dianggap cukup menakutkan bagi para pemula yang baru ingin mengunjunginya.

Salah satu faktor penyebabnya karena banyak hal baru yang nantinya bakal dijumpai di gym, termasuk di antaranya menggunakan istilah-istilah asing. Maka dari itu, tak jarang seorang pemula dianjurkan untuk membawa personal trainer atau setidaknya teman yang sudah cukup paham dengan gym.



Lantas, apa saja istilah-istilah umum dalam dunia gym yang perlu diketahui? Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (29/1/2024), berikut informasinya.

Istilah dalam Dunia Gym

1. Barbell

Barbell merupakan salah satu jenis alat fitnes yang paling umum dijumpai di gym. Bentuknya berupa bar atau tongkat besi yang pada ujungnya bisa ditambahkan pemberat berupa piringan beban.

Biasanya, alat seperti barbell ini dipakai untuk untuk melatih kekuatan dan keseimbangan. Penggunaan barbell ini adalah dengan cara diangkat lurus ke atas, lalu turunkan kembali.

2. Dumbbell

Selain barbell, dumbbell juga umum dijumpai di gym. Bentuknya mirip barbell, namun ukurannya lebih pendek dan tidak lebih dari sejengkal tangan orang dewasa.

Berbeda dengan barbell, dumbbell lebih bebas digunakan. Penggunaannya pun dapat digabungkan dengan beberapa teknik gerakan.

3. Reps

Berikutnya ada reps atau repetitions (repetisi). Istilah ini biasanya dimaknai sebagai pengulangan gerakan yang sama dalam satu waktu tertentu.

Misalnya, personal trainer memintamu untuk mengangkat dumbell 10 repetisi. Artinya, kamu harus mengangkat dumbbell itu sebanyak 10 kali.

4. Set

Berhubungan dengan istilah sebelumnya, set adalah akumulasi dari repetisi yang dilakukan dalam satu waktu tertentu. Misal, kamu sudah melakukan gerakan sebanyak 15 repetisi lalu istirahat. Artinya, kamu sudah melakukan 1 set dengan 15 repetisi.

5. Pump

Biasa dikenal juga dengan sebutan nge-pump. Istilah ini menggambarkan kondisi otot-otot yang menjadi lebih besar dan kuat setelah fitnes. Namun, perlu diketahui bahwa kondisi tersebut hanya meningkatkan ukuran otot yang bersifat sementara.

Setelah beberapa lama jeda atau istirahat, nantinya otot-otot tadi akan kembali ke ukuran normal. Hal ini berlaku seiring dengan stabilnya aliran darah kembali.

6. Kardio

Latihan kardio adalah aktivitas fisik yang biasa dilakukan ketika berkunjung ke gym. Ada banyak manfaat yang bisa kamu ambil dengan berlatih kardio, termasuk memperbaiki denyut jantung dan dan pernapasan.

Lebih jauh, ada beberapa jenis latihan kardio yang dapat dilakukan di gym. Di antaranya melalui sepeda statis, lari dengan treadmill, dan lainnya.

7. Cooldown

Pada penggunaannya, istilah cooldown biasanya dimaknai sebagai aktivitas yang dilakukan pada akhir latihan. Tujuannya untuk menstabilkan detak jantung secara bertahap.

Ada beberapa aktivitas cooldown yang bisa dilakukan. Biasanya adalah dengan melakukan peregangan statis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)