Partisi Pemisah Percantik Ruangan Rumah

Rabu, 12 Agustus 2020 - 17:10 WIB
loading...
Partisi Pemisah Percantik Ruangan Rumah
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Pembagian antara ruang di dalam rumah biasanya dilakukan melalui dinding yang kokoh, namun terkadang itu tidak cukup. Pembagi ruangan atau partisi juga dapat dibuat aksen untuk mempercantik ruangan.

Terlebih jika partisi digunakan untuk memisahkan zona yang berbeda di dalam ruang. Partisi dibuat sendiri dengan menyesuaikan interior di ruangan tersebut.

Dede Purwanto, desainer interior dari Arsindo Cipta Karya Indonesia menjelaskan, partisi sering terlihat ada di ruang kantor untuk area staf biasanya menggunakan partisi yang tidak terlalu tinggi. Yakni berupa cubicle dengan tinggi 1,2-1,4 meter yang terbuat dari plywood atau kaca.

Untuk di rumah partisi ini berguna memisahkan antara ruang publik dan semi publik. Misalnya, pemisah antara ruang tamu dengan ruang keluarga. "Biasanya sengaja tidak dibuat sampai plafon dan full menutup ruang biasanya setinggi orang dewasa antara 1,8-2,2 meter," ujarnya. (Baca: 4 Inspirasi Bermain Bersama Anak di Rumah)

Partisi tidak setinggi plafon dibuat terutama untuk ruang yang tidak luas hanya model kisi-kisi atau yang agak terawang. Hal ini juga dapat memperluas area pandang. Dede menambahkan, jika ruangan besar biasanya dibuat partisi yang lebih berat agar mendapat kesan memperpendek ruang.

Membangun pembatas ruangan seperti ini cukup mudah, terutama jika Anda lebih memilih desain sederhana tanpa fitur dan aksesori dekoratif tambahan.

Partisi Pemisah Percantik Ruangan Rumah


Seperti kayu lapis dan bingkai terbuat dari potongan kayu. Bahan lain yang diperlukan untuk proyek ini hanya sekrup, pernis kayu, cat, paku, lem kayu, dan alat-alat dasar.

Dede menambahkan, selain kayu partisi dapat terbuat dari rotan ataupun plat besi. Sementara pembuatannya tergantung motif yang diinginkan, yakni dianyam, dilapis, ataupun dilubangi.

Sementara untuk partisi yang full ceiling atau tingginya hingga plafon biasanya terbuat dari bahan gypsum, atau ada pula model dipan yang biasa dipakai di rumah terbuat dari kayu, yakni rotan plywood. Partisi yang dibuat dari kaca biasanya untuk di kamar mandi.

Gaya partisi juga bermacam-macam, misalnya oriental dilihat dari bentuk atau pola tradisional Tiongkok atau ada pahatan berbentuk naga dan sebagainya. Jika ingin bergaya modern, dapat dilihat dari bentuk abstrak yang bersudut tajam. (Baca juga: Pri Bersenjata Tembak Mati 6 Turis Prancis di Nigeria)

"Ada juga yang abstrak yang tidak beraturan. Biasanya untuk pattern-pattern tertentu dibuat dengan cutting laser ataupun dengan mesin cnc," jelasnya.

Partisi juga tidak melulu dibuat sendiri, misalnya partisi menggunakan tirai yang dapat efisien membantu Anda yang secara visual ingin memisahkan area dari sisa ruangan. Terkadang tirai dimaksudkan untuk memberikan ruang privasi atau untuk menyembunyikan sesuatu seperti tempat tidur pada siang hari ketika Anda tidak menggunakannya.

Anda juga dapat kesan ruangan santai dengan membuat pemisahan antara ruang tamu dan ruang makan atau dua ruang lainnya menggunakan satu set rak dengan banyak tanaman. Lebih sederhana lagi jika partisi menggunakan pipa logam dan papan kayu, Anda bisa mengecatnya agar sesuai dengan dekorasi di sekitarnya.

Dinding tali adalah ide menarik lainnya untuk pembagi ruang buatan sendiri. Dalam konsep ini, dinding bata rumah yang kokoh akan membuat ruang tampak lebih kecil dan akan menghalangi semua cahaya. Dinding tali ini menciptakan penghalang visual yang bagus antara ruang tanpa benar-benar menutup.

Pintu-pintu geser juga dapat dibuat menjadi partisi. Pintu ini dapat dibuat polos ataupun diberi aksen unik seperti gambar ataupun ukuran kayu.

Bentuk partisi ini juga tidak hanya pintu geser dapat dibuat juga jendela. Mengenai pintu geser sebagai pembagi ruang, roda menambahkan banyak fleksibilitas dan kebebasan, membuatnya sangat mudah untuk membuka dan menutup pintu dan menciptakan tingkat privasi yang berbeda.

Anda dapat menerapkan ide serupa jika Anda ingin memasang pembagi di rumah. Dinding pun dapat diganti dengan pintu geser jika ingin menciptakan ruang luas dan kecil. (Lihat videonya: Meneguk Sejarah Panjang Indonesia dalam Secangkir Kopi)

Dede mengatakan, partisi jika ingin sebagai estetika di ruangan sebaiknya dibuat tidak terlalu tebal dan ringan. Kemudian, pemilihan material finishing menyesuaikan warna dan nuansa ruang yang diinginkan.

"Cat glossy dapat memberi kesan mewah walau ruang terbatas. Dibantu pemilihan warna lampu dan lainnya, sehingga semuanya saling melengkapi. Partisi dibuat unik juga dapat sebagai vocal point," tuturnya. (Ananda Nararya)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)